Trending
Tips Atasi Serangan Pacet Gunung Hutan

Tips Atasi Serangan Pacet Gunung Hutan

Senin, 02 April 2018 11:16 Dede Hadiyana TravelTips


 

Gunakan Tembakau Saat Terserang Pacet

Koropak.co.id - Bagi orang yang sering pergi ke kebun atau hutan pasti kenal dengan hewan yang namanya pacet ini. Pacet merupakan hewan yang sumber makanannya adalah darah, maka tidak heran jika biasanya hewan ini akan menyerang hewan besar yang biasa berkeliaran di hutan bahkan manusia sekalipun.

Pacet biasanya hidup di hutan hujan tropis dengan kondisi lembab. Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang sempurna untuk pacet bertahan hidup. Ketika sedang berburu, pacet akan memasang perangkapnya dengan cara bergelantungan di ujung-ujung daun. Ketika ada hewan atau manusia yang menyentuh daun tersebut, maka secara sigap pacet ini akan menempel pada mangsanya.

Akibat dari gigitan yang ditimbulkan pacet tidak berbahaya, hanya saja akan terasa gatal akibat zat anti pembekuan darah yang mereka keluarkan saat sedang menghisap darah. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi jika digaruk. Berikut Koropak.co.id telah merangkum cara cerdas mencegah serangan pacet.

Tips Atasi Serangan Pacet Gunung Hutan

1. Tembakau
Selain bermanfaat untuk mengusir cicak dan tokek, ternyata tembakau juga ampuh untuk mengatasi serangan pacet. Caranya cukup campur tembakau dengan air lalu di kocok dan diamkan semalaman. Hal ini bertujuan untuk melepaskan kandungan zat yang terdapat pada tembakau secara maksimal. Gunakan air campuran ini sebagai lotion dan oleskan pada anggota tubuh yang terbuka yang berpotensi diserang pacet.

2. Lotion anti nyamuk
Ternyata lotion anti nyamuk ini juga bermanfaat untuk mengatasi serangan pacet karena akan menjadi racun bagi pacet seperti pada nyamuk.

3. Minyak cengkeh
Selain dapat mengusir semut, ternyata cengkeh juga dapat mengatasi serangan pacet. Caranya sama seperti menggunakan tembakau atau lotion nyamuk.

4. Air garam
Air garam juga cukup ampuh untuk mengatasi serangan pacet. Caranya pun tak jauh berbeda dengan ketiga cara sebelumnya.

Saat tahu bahwa kita digigit pacet, maka jangan terburu-buru pacet itu dilepaskan apalagi dipaksa, karena jika dipaksa akan membuat alat penghisapnya tertinggal. Hal ini akan menyebabkan pendarahan sulit dihentikan. Paling tidak dalam waktu satu jam baru bisa berhenti. Jadi ada baiknya didiamkan saja sampai pacetnya kenyang dan terlepas sendiri.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi serangan pacet. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat bagi Anda yang hendak bertualang di alam bebas. Happy travelling guys.*

Berita Terkait