Trending
LJSK Edukasi Tanpa Henti

LJSK Edukasi Tanpa Henti

Selasa, 03 April 2018 11:00 Dede Hadiyana Komunitas


Koropak.co.id - Survival, tehnik bertahan hidup di alam bebas menjadi salah satu hal utama yang harus dikuasai oleh setiap penggiat alam bebas. Guna mengedukasi para penggiat alam bebas terhadap survival, kali ini komunitas penggiat alam Lacak Jejak Sudut Kompas (LJSK) menggelar pelatihan Survival Techno Season 1 yang dilaksanakan di kawasan Gunung Hutan Cakrabuana tepatnya di Kampung Bunar Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (31/3/2018). Tujuannya, untuk berbagi ilmu dan wawasan dalam berkegiatan di alam bebas.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menambah ilmu dan wawasan serta meminimalisasi angka kecelakaan pada saat berkegiatan di alam bebas. Akhir-akhir ini, kegiatan di alam terbuka selalu membawa kabar buruk karena kurangnya ilmu pengetahuan dalam berkegiatan di alam bebas.

"Alhamdulillah, kegiatan yang digelar kali ini mendapat antusias yang baik dari peserta. Mewakili dari berbagai komunitas pecinta alam, Sispala, Mapala, maupun dari organisasi penggiat alam bebas lainnya," ucap Agung Suragung, Ketua Pelaksana Survival Techno.

Dikatakan Agung, agenda kegiatan pun digelar secara bertahap, mulai dari tehnik pembuatan Bivak alam dan pabrikan atau bisa disebut tempat berlindung sementara, Botani dan Zoology Practice, serta tehnik membuat perapian. Tehnik-tehnik tersebut dapat digunakan ketika seseorang dalam keadaan disaster atau kesusahan saat berada di alam bebas.

 

LJSK Edukasi Tanpa Henti

 

"Selain ilmu dan pengalaman yang peserta dapat, kami berharap dengan adanya kegiatan ini peserta bisa mentransfer ilmu dan pengalaman yang didapat kepada rekan se-komunitas atau organisasi mereka," kata Agung.

Semangat dari peserta sangat terlihat dari apa yang mereka jalani selama kegiatan, seperti membuat bivak dan membuat perapian. Tehnik-tehnik yang jarang sekali dilakukan ini menjadi hal yang spesial dan pengalaman baru bagi peserta.

"Dari kegiatan Survival ini saya banyak mendapatkan ilmu baru, mulai dari cara membuat api, cara membuat bivak yang baik dan benar, dan juga mengetahui apa saja tumbuhan dan hewan yang dapat di konsumsi di hutan. Karena materi yang di dapat di organisasi sendiri hanya ilmu dasar-dasarnya saja," ujar Fauzy Alamsyah, salah seorang peserta dari Pecinta Alam Kompaks, SMK Plus Suryalaya.

Dikatakan Fauzy, kegiatan-kegiatan yang beredukasi seperti Survival Techno ini sangat positif dan penting sekali bagi yang belum tahu akan tehnik-tehnik yang ada dalam Survival.

"Karena hidup di alam bebas tidak seenak dan seindah seperti di film, apalagi ketika keadaan sulit terjadi kepada diri kita," ucap Fauzy.

Fauzy berharap kepada seluruh rekan-rekan yang suka berkegiatan di alam bebas, jangan pernah malu untuk terus belajar dan ikut serta dalam kegiatan seperti ini. Untuk LJSK sendiri, jangan pernah lelah dan bosan memberi ilmu dan menyelenggarakan kegiatan yang mengutamakan sisi edukasinya.*

Berita Terkait

Milangkala 12 Tahun LJSK

Milangkala 12 Tahun LJSK

Bertempat di Kawasan Perkemahan Gunung Cakrabuana Tasikmalaya, Komunitas Lacak Jejak…

18 Agustus 2017 16:49:07