Trending
Inilah Uniknya Curug Batu Blek

Inilah Uniknya Curug Batu Blek

Minggu, 08 April 2018 12:10 Dede Hadiyana destinasi


 

Koropak.co.id - Masih banyak keindahan alam yang tersembunyi di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Tasikmalaya, namun sayang disayang, masih banyak pula yang belum tersentuh perhatian pemerintah daerah.

Salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang menawarkan keelokan alam di Kabupaten Tasikmalaya adalah Curug Batu Blek. Wahana wisata yang berlokasi di Kampung Cipeuteuy Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya itu menyuguhkan keunikan tersendiri, yaitu air terjun yang berasal dari dua aliran sungai dan menyatu menjadi curug.

 

Inilah Uniknya Curug Batu Blek

 

Jarak yang harus ditempuh untuk menuju curug Batu Blek sendiri sekitar 800 meter dan memakan waktu kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki menelusuri aliran sungai kecil yang sengaja dibuat oleh warga untuk mengairi pesawahan, perkebunan, dan kebutuhan warga lainnya.

"Selain keunikan tadi, di Wilayah Cisayong ini ada 17 curug yang sudah terdata oleh perhutani. Bahkan untuk di sini saja ada lagi curug-curug lain, seperti curug Putih, Curug Badak, Curug Wayang, dan banyak lagi," ujar Asnami Dodo, pengelola dari Perhutani KPH Tasikmalaya.

Untuk tiket masuknya sendiri relatif murah, hanya Rp 6.250 per orang. Disediakan pula jasa sewa pelampung untuk pengunjung yang ingin berenang, karena di curug batu blek ini memiliki kedalaman lebih dari dua meter.

 

Inilah Uniknya Curug Batu Blek

 

Asnami menambahkan Perhutani yang bekerjasama dengan Lembaga Desa Hutan (LMDH) termasuk masyarakat setempat sudah merencanakan program pembangunan untuk akses jalan kendaraan menuju lokasi, kurang lebih sepanjang 850 meter.

"Namun sayang, dari pemerintah belum ada perhatiannya secara khusus. Semoga dari pemerintah dapat mendukung program ini untuk mengangkat Wana Wisata di Kabupaten Tasikmalaya khususnya curug Batu Blek ini," ucap Asnami

Sementara itu, wisatawan yang juga merupakan siswi SMAN 2 Kota Tasikmalaya, Silvi menuturkan suasana yang sejuk dan asri membawanya dan teman sekelas untuk berkunjung ke Curug Batu Blek ini.

"Hanya saja akses jalan untuk kendaraan masih terbilang ekstrim. Hanya sebagian jalan yang sudah dilapisi aspal, sisanya jalan cor yang berlubang dan tahan merah yang licin, tapi tetap seru," kata Silvi.

Silvi pun berharap, semoga keindahan alam dengan sumber air yang sangat melimpah ini tidak terkontaminasi oleh limbah-limbah dan juga pembalakan hutan liar yang akan berdampak buruk pada masyarakat luas nantinya.*

 

Lihat : Eksotis dan Keunikan Curug Batu Blek

Berita Terkait