Trending
Nuansa Elok Curug Batu Hanoman

Nuansa Elok Curug Batu Hanoman

Minggu, 08 April 2018 12:49 Dede Hadiyana destinasi


Koropak.co.id - Obyek wisata Curug Batu Hanoman menjadi destinasi elok yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Baik dari Tasikmalaya maupun wisatawan luar kota. Curug yang berlokasi di Kampung Setiamulya, Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya ini berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya.

Namun yang disayangkan, curug yang memiliki hutan pinus seluas lima hektar sebagai salah satu icon wisatanya itu masih "perawan" dari sentuhan bantuan pemerintah daerah, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya.

Nuansa Elok Curug Batu HanomanPadahal, dari keelokannya, Curug Batu Hanoman sangat potensial untuk dikembangkan. Di sini, terdapat ornamen batu yang sepintas terlihat menyerupai wajah kera. Warga sekitar menyebutnya Batu Hanoman, salah satu tokoh kera di dunia pewayangan. Ornamen wajah kera pada batu tersebut akan terlihat jika debet air yang mengalir jernih dari hulu sungai rendah.

Tidak hanya foto selfie, Curug Batu Hanoman ini sangat indah untuk mereka yang mencari spot untuk berfoto prewedding dengan nuansa alam hutan pinus.

Selain Curug Batu Hanoman, di sini juga terdapat Curug Badak. Area Camping Ground pun menjadi simpang pemisah jalur menuju curug Batu Hanoman dan Curug Badak.

Salah seorang pengunjung, Dadang Abdullatif menyayangkan jika tempat wisata seindah Curug Batu Hanoman masih belum tersentuh dengan baik.

Nuansa Elok Curug Batu Hanoman"Sayang kan kalau luput dari perhatian pemerintah. Ini potensi alam yang bagus. Saya sih berharap pemerintah bisa memberikan perhatian terhadap Curug Batu Hanoman ini," ujarnya.

Pengelola Curug Batu Hanoman dari Perum Perhutani KPH Tasikmalaya, Roni Rizal Ruhana mengakui jika pemerintah desa setempat sangat mendukung dengan adanya wisata ini.

Selain mengembangkan potensi alam, kesejahteraan masyarakat sekitarpun menjadi salah satu prioritasnya. Hanya saja yang disayangkan, perhatian dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya masih sangat minim.

Nuansa Elok Curug Batu Hanoman"Belum maksimalnya infrastruktur di kawasan wisata ini karena kurangnya perhatian dari pemerintah daerah. Ini menjadi harapan kami sebagai pengelola terhadap pihak pemerintah untuk memberikan dukungannya secara maksimal," kata Roni.

Roni menambahkan Curug Batu Hanoman buka mulai pukul 07.30 - 16.30 WIB. Faktor cuaca pun menjadi perhatian kewaspadaan pengelola.

"Guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, apabila terjadi cuaca buruk, kami mencegah pengunjung masuk area wisata. Itu kami lakukan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ucapnya.*

Selanjutnya : Sejuknya Nuansa Alam Curug Badak

Penulis : Dede Hadiyana

Berita Terkait