Trending
Jaga dan Rawat Tradisi Buhun

Jaga dan Rawat Tradisi Buhun

Sabtu, 21 April 2018 19:38 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PPP sekaligus Ketua Karang Taruna Kabupaten Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin berpesan kepada rekan-rekan pemuda karang taruna untuk selalu merawat dan menjaga hal yang baik, termasuk tradisi buhun, dikarenakan apabila tidak menjaga warisan-warisan leluhur maka generasi ke depannya tidak akan tahu apa yang diwariskan.

 

Jaga dan Rawat Tradisi Buhun

 

"Kalo dilihat, betapa banyaknya warisan-warisan budaya yang sesungguhnya bisa merekatkan hubungan kita semua. Di saat sekarang media sosial banyak yang beralih dari tradisional ke yang digital, hampir semua saling mencaci dan menghujat sehingga. Itu semua harus kita handle dengan berkegiatan yang positif," kata Cecep.

Jaga dan Rawat Tradisi Buhun
Cecep Nurul Yakin

Hal itu disampaikan Cecep kepada Koropak.co.id saat menghadiri Hajat Lembur, di Kampung Cirangkong Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (21/4/2018).

Dikatakan Cecep, momentum seperti ini juga sangat penting untuk terus dilakukan sebagai upaya merekatkan potensi ada di daerah, khususnya di Kabupaten Tasikmalaya. Semuanya untuk saling silih asah silih asih silih asuh, karena itu juga merupakan budaya dari leluhur yang baik untuk dipelihara.

"Selain itu kegiatan ini merupakan budaya yang baik sehingga harus dilakukan upaya untuk dijaga dan dilestarikan. Dalam melakukan budaya silih asah silih asih silih asuh tersebut, dapat dilihat dari perilaku sopan santun. Seperti tadi kita lihat, sesepuh memberi ruang bagi anak untuk menampilkan kesenian, kemudian yang muda hormati yang lebih tua. Itulah yang menjadi poin dari kegiatan kali ini," ucapnya.*

 

Selanjutnya : Hajat Lembur Cirangkong Berlangsung Meriah

 

Berita Terkait