Trending
Makam Gentong di Ambang Punah

Makam Gentong di Ambang Punah

Jum'at, 27 April 2018 17:14 Rizal Amirullah destinasi


 

Koropak.co.id - Makam Gentong merupakan situs makam berusia ratusan tahun. Dinamakan Makam Gentong karena di dekat batu nisannya ada sebuah gentong kecil yang fungsinya menampung air dari para peziarah.

Nama lain dari Makam Gentong adalah pemakaman Argadinata. Dialah tokoh yang pertama kali membuka hutan di daerah tersebut. Lokasi Makam Gentong berjarak sekitar 3 km dari Jalan Raya Ciamis Cirebon arah Panjalu.

Di lokasi pemakaman, terdapat dua makam berdekatan. Di sebelah kanan, posisinya sedikit lebih tinggi dari tanah, berundak dengan bebatuan pipih, yang diketahui Makam Argadinata beserta istrinya.

Tidak ada tulisan apapun di makam itu. Hanya, pada gentongnya terdapat pahatan motif bunga. Di pintu masuk area pemakaman, ada juga makam yang letaknya sama seperti Makam Argadinata, lebih tinggi dari tanah dan diberi bebatuan berundak.

Hanya saja, disesalkan karena kondisi makam ini terlihat sudah rusak. Sebagian yang menyebutkan makam tersebut adalah makam Eyang Mesir. Belum diketahui pasti siapa yang bersemayam di makam tersebut.

 

Makam Gentong di Ambang Punah

 

Baca pula : Bendungan Purba Cimuntur

 

 

Ya, inilah kesulitanya. Kebanyakan situs-situs sebelum Islam, tidak ada keterangan tahun dan nama yang tertulis pada situs tersebut. Menurut sejarah sunda Wangsakerta, disebutkan tempat ini dipakai tempat berkumpulnya para raja se-nusantara.

Praktisi Budaya, Atus Gusmara menyebutkan Makam Gentong ada kemiripan dengan Situs Cipari di Kuningan. Dugaan tersebut diperkuat dengan banyaknya batu pipih yang terceper di area Makam Gentong.

Kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap situs bersejarah tersebut, membuat Makam Gentong terlihat kurang terawat. Bahkan, karena kurang terjaganya situs tersebut, tidak sedikit warga tak bertanggungjawab yang mengambil batu batu pipih untuk keperluan pembangunan rumahnya.

"Sangat disayangkan apabila tempat ini tidak dilindungi, mengingat histori di balik situs keramat ini menghiasi legenda bersejarah di Kabupaten Ciamis. Situs keramat yang dijadikan tempat pertemuan para raja se-nusantara ini pun kian di ambang kepunahan," kata Atus.*

 

Baca pula : Legenda Pangeran Papak Cinunuk Garut

Berita Terkait

Bendungan Purba Cimuntur

Bendungan Purba Cimuntur

Koropak.co.id - Sungai Cimuntur merupakan sungai legendaris yang sering dikisahkan…

03 Juni 2018 11:13:08