Trending
Relawan LJSK Cat Kubah dan Menara Masjid

Relawan LJSK Cat Kubah dan Menara Masjid

Sabtu, 12 Mei 2018 12:54 Dede Hadiyana Komunitas


Koropak.co.id - Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, banyak komunitas pecinta alam mengadakan acara munggahan. Biasanya, para komunitas melakukan pendakian gunung ataupun mengunjungi tempat-tempat wisata. Berbeda dengan komunitas yang satu ini. Ya, Lacak Jejak Sudut Kompas (LJSK) yang sering mengadakan kegiatan di area gunung hutan berbasis edukasi, kali ini, LJSK berkegiatan sosial dengan mengecat area kubah dan menara masjid di salah satu pondok pesantren di Rajapolah, Kamis (10/5/2018).

Safinatul Huda, pondok pesantren yang berlokasi di Kampung Sindangreret, Desa Sukanagalih, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya ini menjadi agenda kegiatan sosial LJSK menjelang datangnya bulan Ramadan. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Selasa (8/5/2018) ini menggerakkan hati para relawan LJSK yang lainnya untuk ikut bergabung dalam kegiatan sosial tersebut.

 

Relawan LJSK Cat Kubah dan Menara Masjid

 

Salah seorang relawan LJSK, Agus Ncho mengatakan dengan diameter lingkaran kubah lebih kurang 6 meter, perlu keahlian dan alat khusus untuk bisa melakukan pengecatan kubah tersebut. Bukan hanya sekedar mengecat seperti pada umumnya, di sini yang di cat kubah dan menara masjid.

"Para relawan LJSK pun tidak sepenuhnya ikut terus menerus dalam pengecatan ini, karena beberapa di antara mereka masih sekolah. Proses pengecatan pun berlangsung hingga malam hari karena pada siang cuacanya cukup panas. Maka dari itu kami pun mengecat secara bergantian," katanya.

Kegiatan ini tidak jauh berbeda seperti tahun kemarin. Para relawan LJSK melakukan pengecatan kubah dan menara Masjid Agung Ar-Rosyad Indihiang sebelum menjelang hari raya Idulfitri 2017.

Dewan Kiai II Pondok Pesantren Safinatul Huda, Ustaz Septian Faturahman mengungkapkan sangat merasa senang dan terbantu dengan hadirnya para relawan dari LJSK dalam pengecatan kubah masjid di pondok pesantren Safinatul Huda ini.

"Terimakasih atas aksi dari para sukarelawan LJSK yang telah membantu kami melakukan peremajaan atas masjid di pondok pesantren ini. Semoga, Allah senantiasa melindungi para relawan, dan membalas jasa para relawan dengan amal ibadah," ucap Ustaz Septian.

Tak hanya pengecatan kubah masjid yang menjadi agenda sosial LJSK, beberapa kegiatan saat bulan Ramadan pun sudah dijadwalkan. Salah satunya agenda sosial Sahur On The Road yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan puasa dengan target para anak-anak yatim dan para tunawisma di sekitaran Kota Tasikmalaya.*

 

Berita Terkait

LJSK Edukasi Tanpa Henti

LJSK Edukasi Tanpa Henti

Koropak.co.id - Survival, tehnik bertahan hidup di alam bebas menjadi…

03 April 2018 11:00:17
Milangkala 12 Tahun LJSK

Milangkala 12 Tahun LJSK

Bertempat di Kawasan Perkemahan Gunung Cakrabuana Tasikmalaya, Komunitas Lacak Jejak…

18 Agustus 2017 16:49:07