Trending
Jurus Jitu Travelling Asyik

Jurus Jitu Travelling Asyik

Sabtu, 09 Desember 2017 05:56 Eris Kuswara TravelTips


Perencanaan Matang Tentukan Kesuksesan

Liburan bersama teman seharusnya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, seru, dan tak terlupakan. Namun, semua itu akan gagal terwujud bila persiapannya tak dilakukan dengan matang. Perbedaan preferensi lokasi liburan, misalnya, dapat menimbulkan perselisihan jika tak dirundingkan dengan baik. Contohnya, beberapa teman lebih suka ke pantai, sedangkan sebagian lainnya ingin pergi ke gunung.

Tantangan lain yang mungkin dihadapi adalah kesulitan menyesuaikan jadwal sesama teman sehingga sulit mencari waktu berlibur yang pas. Selain itu, adanya perbedaan gaya travelling satu sama lain juga dapat menjadi kendala. Walau begitu, jangan sampai masalah tersebut membatalkan keinginanmu berlibur bersama teman-teman. Beberapa tips berikut pun bisa dicoba untuk mematangkan persiapan liburan.


Jurus Jitu Travelling Asyik1. Tentukan jadwal
Masing-masing anggota harus meluangkan waktu bila benar-benar ingin travelling bersama. Karena itu, sebaiknya penentuan jadwal keberangkatan dan lama waktu berlibur sudah disepakati dari jauh hari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan bagi peserta liburan melihat jadwal liburnya atau mengajukan cuti.

2. Sepakati destinasi tujuan
Hal berikutnya yang perlu dirancang dengan matang adalah penentuan tempat berlibur. Beberapa anggota memilih untuk pergi ke pantai, sedangkan sisanya ingin ke gunung. hal tersebut harus diputuskan secara musyawarah dan berdasarkan kesepakatan bersama. Daripada ada anggota yang ikut traveling dengan setengah hati.

3. Usahakan untuk komunikasi tatap muka
Lakukan pertemuan langsung dengan semua anggota peserta liburan sebelum hari traveling tiba supaya semua tahu rencana dan kesepakatan yang sudah ada. Bertatap muka juga bisa mempererat hubungan sesama teman sebelum liburan dimulai. Jangan lupa untuk terbiasa membicarakan hal-hal yang mengganjal, baik sebelum maupun saat berlibur. Komunikasi yang jelas dapat mempermudah satu sama lain untuk jujur dan terbuka sehingga terhindar dari konflik.

4. Pertimbangkan presferensi setiap orang
Setiap peserta liburan biasanya memiliki keinginan yang berbeda, seperti tempat menginap, restoran, dan alat transportasi. Contohnya, sebagian orang ingin menginap di hotel mewah, sedangkan sisanya lebih memilih hotel low budget. Begitu juga saat memilih transportasi selama perjalanan. Ada yang lebih memilih sewa mobil pribadi, dan ada juga yang lebih senang dengan transportasi umum.

5. Berbagi tugas dan tanggung jawab
Kerja sama antar satu sama lain bisa membuat perjalanan lebih mudah dan menyenangkan. Ya, perjalanan bersama akan terasa lebih sulit bila semua beban tanggung jawab dilimpahkan pada satu orang.

6. Musyawarahkan menabung dan pengeluaran bersama
Mengatur pengeluaran pada saat traveling cukup penting. jika nantinya tidak mau ada kendala saat perjalanan karena budget. Jika bisa sisakan uang untuk keperluan yang tak terduga.

7. Siapkan barang bawaan bersama
Hal terakhir yang perlu dipersiapkan dengan matang adalah pengemasan barang atau packing. Persiapan packing bisa dilakukan dengan mengurutkan barang apa saja yang perlu dibawa, termasuk peralatan untuk digunakan bersama. Contohnya, bola untuk obyek bermain seluruh personel liburan.

Itulah jurus jitu agar traveling bersama teman tak sekadar wacana. Atur rencana dengan sebaik mungkin dan dengan kesepakatan bersama. Semoga travelingmu tak hanya sekadar wacana.*

Berita Terkait