Trending
In Memoriam, H. Daday Hendarman Praja

In Memoriam, H. Daday Hendarman Praja

Senin, 28 Mei 2018 12:20 Rizal Amirullah Tradisi


Koropak.co.id - Dunia seni budaya Ciamis dirundung pilu dengan kabar mengejutkan wafatnya tokoh budaya asli Ciamis, H Daday Hendarman Praja. Tokoh budaya tersebut wafat di RS Jasa Kartini, Senin (27/5/2018) pukul 01.15 WIB. Almarhum yang wafat di usia 65 tahun, dimakamkan di Pamengker, belakang Pasar Kawali, Ciamis, Senin (27/5/2018) sekitar pukul 10.30 WIB.

Dedikasinya terhadap budaya begitu tinggi. Kontribusinya telah mendorong budaya Ciamis, khususnya di wilayah Kawali berkembang hingga dikenal luas. Salah satu wujud kontribusinya adalah turut menata dan mengembangkan Nyiar Lumar yang ada sejak 1998 silam.

Nyiar Lumar sendiri merupakan wujud rasa syukur atas kekayaan seni di alam Priangan, yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Situs Linggahiang, Astana Gede Kawali, Ciamis. Almarhum saat ini tengah fokus menata dan memperkaya khasanah kegiatan Nyiar Lumar.

In Memoriam, H. Daday Hendarman PrajaDi samping itu, putra dari (Alm.) H Karja Praja, pengusaha angkutan umum Andalas itu, tengah menggarap rencana Pertemuan Budayawan se-Indonesia dan Internasional yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2018 mendatang.

Aktifnya Alamrhum memajukan budaya membuatnya mendapatkan julukan Abah Peteng. Bahkan, di Kawali, Almarhum juga dijuluki Olot Wali yang menjadi gambaran bahwa Almarhum sudah dianggap sebagai sesepuh Kawali.

Selamat jalan Almarhum H Daday Hendarman Praja.*

Penulis : Rizal

Berita Terkait