Trending
Olah Fikir Ciptakan Ruang Imajinasi

Olah Fikir Ciptakan Ruang Imajinasi

Rabu, 30 Mei 2018 13:25 Dede Hadiyana komunitas


Koropak.co.id - Workshop teater hari kedua, Selasa (29/5/2018) yang digelar di Sanggar Komunitas Cermin Tasikmalaya, diisi dengan praktik teater dengan pemateri Roy Julian dan Slamet Riyadi dari Kantor Teater Jakarta.

Para peserta workshop diberikan metode meditasi untuk memasuki memori alam bawah sadar, dan menggali imajinasi-imajinasi yang dituangkan menjadi sebuah karya naskah. Naskah itulah yang menjadi bahan untuk diteatrikalkan oleh masing-masing peserta.

Kepada Koropak.co.id, Roy Julian menjelaskan metode penciptaan tersebut merupakan metode yang digunakan Kantor Teater Jakarta dalam berkarya menciptakan naskah.

"Dengan metode ini, kita mencari teks yang tersembunyi di balik memori bawah sadar dengan cara meditasi, dan menimba pikiran. Apa yang terimajinasikan, ditulis menjadi naskah, dan dilafalkan sebagai pertunjukan mereka sendiri," tuturnya.

Olah Fikir Ciptakan Ruang ImajinasiBaca pula : Workshop Metode Penciptaan Karya

Metode tersebut, lanjut Roy, menghasilkan naskah yang tidak linier, tidak realistis secara struktural, tapi realistis secara imajinatif dan simbolis.

"Naskah yang dihasilkan menjadi sebuah pertunjukan imajinatif dan simbolis. Diharapkan mereka bisa mengembangkan masing-masing. Di sini kami berikan metode penciptaannya. Kita juga berencana akan ada action lanjutan dari workshop ini, tapi kita lihat dulu seperti apa perkembangannya," kata Roy.*

Selanjutnya : Wokrshop Metode Penciptaan Sangat Menarik

Berita Terkait