Trending
Bendungan Purba Cimuntur

Bendungan Purba Cimuntur

Minggu, 03 Juni 2018 11:13 Rizal Amirullah destinasi


 

Koropak.co.id - Sungai Cimuntur merupakan sungai legendaris yang sering dikisahkan dalam cerita rakyat kuno di antaranya cerita Bungbanglarang dan Bungbangkencana, yang hanyut di Sungai Cimuntur.

Kejadian dalam legenda tersebut ada di sekitar Panjalu. Kemudian kisah Ciung Wanara, yang sengaja disimpan di arus Sungai Cimuntur. Lokasi kejadiannya di Karangkamulyan, Ciamis.

Dari situ, dapat disimpulkan bahwa Sungai Cimuntur adalah sungai asli alam, dan purba yang melegenda. Di Winduraja, Kawali, Ciamis, tepatnya di daerah Kiara Koneng, Sungai Cimuntur dibendung. Tujuannya untuk mengairi sawah, yang disebut sawah pelem. Bendungan ini hanyalah susunan batu bulat dari berbagai ukuran.

 

Bendungan Purba Cimuntur

 

Baca pula : Situs Sanghiang Adidampul Cibarani

 

Anehnya, walaupun debit sungai bertambah dan aliran sungai semakin deras, batu-batu yang menjadi bendungan tersebut tidak hanyut terbawa air.

Keanehan lainnya, warna air Cimuntur walaupun airnya terlihat keruh, kekuningan, tetapi kalau disimpan dibotol yang berwarna bening, airnya tetap terlihat bening

Ada beberapa versi yang menyebutkan umur bendungan ini. Versi lain menyebutkan bendungan ini ada saat zamannya Eyang Dalem Dungkut yaitu orang yang pertama kali menyebarkan agama islam di Kawali, yang hidup sekitar abad 15. Ada juga yang menyebutkan pada zaman kerajaan sebelumnya.*

 

Baca pula : Makam Gentong Di Ambang Punah

 

Berita Terkait