Trending
Galunggung, Daya Tarik Wisata Libur Lebaran

Galunggung, Daya Tarik Wisata Libur Lebaran

Jum'at, 22 Juni 2018 15:20 Clara Aditia destinasi


 

Koropak.co.id - Kemanakan Anda berlibur selama libur lebaran kemarin? Hampir seluruh obyek wisata yang ada di setiap daerah dipadati pengunjung. Tidak terkecuali di Gunung Galunggung dengan wisatawan yang membeludak selama libur lebaran kemarin.

Pengelola Obyek Wisata Pemandian Air Panas dan Kawah Gunung Galunggung, Suhara bersama Kasi Trantib Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya, Cece menyampaikan pengunjung obyek wisata Gunung Galunggung mulai hari raya Idulfitri rata-rata per hari mencapai 3000 orang.

"Kita ada retribusi parkir mobil sebesar Rp 2000, dan retribusi wisatawan Rp 6500 per orang. Sedangkan untuk motor, parkir tidak dipunggut biaya," kata Suhara.

Ditambahkan Suhara, dalam sekali kunjungannya, pengunjung rata-rata mengunjungi kawah terlebih dahulu. Barulah menuju pemandian air panas Galunggung.

"Untuk pengamanannya, kami menempatkan petugas keamanan di beberapa obyek yang menjadi sasaran pengunjung," katanya.

 

Galunggung, Daya Tarik Wisata Libur Lebaran

 

 

Baca : Libur Idulfitri, Curug Badak Dikunjungi 1000 Wisatawan

 

Dijelaskan Suhara, Kapolsek Sukaratu AKP Junaidi SH juga telah memberikan imbauan kepada pengunjung melalui Pospam obwis Galunggung yang dengan menggunakan pengeras suara agar pengunjung mengutamakan keselamatan dan mengikuti petunjuk petugas yang ada di lapangan.

Sementara itu, melihat dari sisi fasilitas, area parkir yang berada di sekitar Obyek Wisata Galunggung secara kasat mata belum tertata dengan baik, sehingga memungkinkan terjadinya tindak pidana curanmor. Perlu ada peningkatan kualitas pengelolaan dan keterjangkauan keamanan di sektor parkir kendaraan wisatawan yang datang ke Obyek Wisata Galunggung.

Di samping itu, kondisi jalan menuju obyek wisata yang berliku, tanjakan terjal, dan turunan curam serta kurangnya fasilitas lampu penerangan jalan umum (PJU) sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Sehingga menjadi harapan ada perhatian serius dari pemerintah untuk lebih serius menata Obyek Wisata Gunung Galunggung.*

 

Baca : LJSK Jelajah Gunung Galunggung

Berita Terkait