Trending
Sekilas Gunung Haruman Garut

Sekilas Gunung Haruman Garut

Minggu, 01 Juli 2018 16:11 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Gunung Haruman salah satu gunung yang berlokasi di Kabupaten Garut dan masuk dalam dua kecamatan yakni Kecamatan Kadungora dari sisi sebelah barat, dan Kecamatan Cibiuk dari sebelah timur.

Dahulu, pada bagian puncak terdapat situs yang bernama "Batu Kuda" yakni batu yang menyerupai kuda sedang duduk. Di lokasi tersebut sering dijadikan pesugihan oleh orang-orang tertentu, namun keberadaan Batu Kuda tresebut kini sudah tidak berbentuk lagi.

Baca pula : Libur Idulfitri, Curug Badak Dikunjungi 1000 Wisatawan

Ada yang menyebutkan batu tersebut telah dihancurkan oleh sekelompok orang yang geram karena telah menjadikan lokasi tersebut kemusyrikan. Bahkan orang kedua di Indonesia, mendiang Presiden Soeharto tidak luput kaitannya dengan Gunung Haruman karena pada jamannya berkuasa, sebagian Gunung Haruman dari bagian tengah hingga ke puncaknya diklaim sebagai milik Soeharto. Konon kabarnya Soeharto sempat beberapa kali berziarah ke Gunung Haruman.

Sekilas Gunung Haruman Garut

Ridwan Fauzi yang akrab disapa Zie Van Maung, warga asli kelahiran Cibiuk Garut mengatakan informasi tersebut diperkuat pula oleh salah seorang anggota spiritual Istana yang secara kebetulan bertemu dalam sebuah acara di Jakarta, pada 2015.

"Saya merasa kaget ketika saya menyebutkan asal daerah saya. Beliau yang saya panggil Si Mbah asli Kota Solo, Jawa Tengah, ini langsung menyebutkan nama Gunung Haruman serta sangat paham dengan seluk beluk Gunung Haruman," ucapnya.

Menuju ke arah tenggara dari puncak Gunung Haruman terdapat sebuah bukit. Pada bukit tersebut terdapat kompleks pemakaman yang sangat dikeramatkan.

Beberapa makam yang dikeramatkan yakni makam Syekh Jafar Siddiq, Syekh Maulana Malik Ibrahim, Nyai Fatimah, Beliau-Beliau ini dikenal sebagai penyebar ajaran agama Islam di wilayah Garut Utara khususnya dan sekitarnya.

Baca pula : Galunggung, Daya Tarik Wisata Libur Lebaran

Sekilas Gunung Haruman Garut

Pada waktu-waktu tertentu komplek makam ini sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah dari seluruh pelosok Nusantara khususnya dari Pulau Jawa dan Madura.

Beralih ke arah utara dari puncak Gunung Haruman tepatnya di lokasi yang disebut puncak bayangan oleh para penggiat alam bebas. Sekitaran pertengahan tahun 90-an sampai awal tahun 2000-an, dilokasi ini pada setiap musim kemarau menjadi lokasi lepas landas olahraga Paralayang dan Gantole.

"Kondisi tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi warga Cibiuk juga saya yang pada saat itu sedang indah-indahnya menikmati masa kecil di kampung halaman yang hobinya main di sawah mengejar para pemain Paralayang dan Gantole yang hendak mendarat," katanya.

Selain itu, Gunung Haruman juga diliputi cerita mistis dari beberapa pendaki yang pernah mendaki ke gunung tersebut, terutama para pendaki yang berasal dari luar daerah Garut.

Baca pula :
- Darajat Pass Garut
- Objek Wisata Garut Diburu Pengunjung


"Banyak pengalaman cerita mistis yang dialami ketika mendaki Gunung Haruman oleh para pendaki. Bahkan sampai ada yang mengadu kepada saya mengatakan kapok dan tidak mau lagi mendaki Gunung Haruman. Yang pasti, ke manapun kaki kita melangkah pastikan niat dan tujuan kita adalah untuk kebaikan," ujarnya.*

Berita Terkait