Trending
Pesona Padang Rumput di Punggung Gunung Papandayan

Pesona Padang Rumput di Punggung Gunung Papandayan

Selasa, 03 Juli 2018 14:37 Dede Hadiyana destinasi


 

Koropak.co.id - Buffalo Hill atau Tegal Munding merupakan sebuah padang rumput cukup luas yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

Tegal munding termasuk ke dalam wilayah kawasan cagar alam Gunung Papandayan Garut, yang secara administratif berada diantara tiga kecamatan yakni Kecamatan Cisurupan, Kecamatan Bayongbong, dan Kecamatan Sukaresmi.

Namun, Tegal Munding sendiri masuk kedalam kawasan Gunung Puntang, sebuah gunung yang bersebelahan dengan Gunung Papandayan. Sebagian kawasan Tegal Munding merupakan padang rumput hijau yang terhampar tumbuh menutupi seluruh kawasan yang dikelilingi pohon besar pada sekeliling kawasan.

 

Pesona Padang Rumput di Punggung Gunung Papandayan

Baca pula : Obyek Wisata Garut Diburu Pengunjung

 

Sejarah penamaan Tegal Munding disetiap tempat wisata di Garut memiliki penamaan yang unik. Tegal yang merupakan kata yang diambil dari bahasa sunda yang memiliki arti harfiahnya yakni Ladang, sedangkan Munding memiliki arti Kerbau.

Karena dikawasan tersebut ditumbuhi rumput yang akhirnya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengembala kerbau. Dari sanalah awal mula nama Tegal Munding yang disebut oleh masyarakat sekitaran kaki Gunung Puntang.

Traveller asal Kota Tasikmalaya Willy Dea, menuturkan tidak bisa mendirikan tenda di sembarang tempat. Ada kawasan Khusus untuk bermalam dan mendirikan tenda bagi para pendaki yakni dikawasan yang sering disebut Tegal Kedua.

"Di kawasan Tegal kedua ini merupakan kawasan Camping Ground khusus para pendaki. Tidak hanya para pendaki gunung saja, banyak juga wisatawan lokal datang mengunjungi Buffalo hill," katanya.

Pada Kamis (28/6/2018) Willy beserta 6 orang lainnya Alfi Hamammi, Andira, Fitri, Gita, Itha, serta Adit putra dari Gita dan Itha yang masih berusia 2 tahun ikut serta dalam liburan pasca hari raya Idulfitri 1439 Hijriah.

Pesona Padang Rumput di Punggung Gunung Papandayan

Baca : Galunggung, Daya Tarik Wisata Libur Lebaran

Jalur Bayongbong yang diambil rombongan dari Tasikmalaya ini menempuh waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki yang dimulai dari pemukiman warga hingga menyusuri perkebunan milik warga yang didominasi tanaman sayuran.

Dari kawasan Tegal Munding ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam Landscape Kota Garut dari ketinggian. Dan dari sebelah timur laut tampak Gunung Cikuray sebagai lukisan alam segitiga kerucut besar yang gagah menjulang tinggi.

"Di lokasi Camping Ground, kami bertemu dengan 4 orang rekan dari wilayah Cikajang Garut yang bersama-sama bermalam di Tegal Kedua menikmati suasana malam," ujarnya.

Willy berharap, dengan adanya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang serta jasa parkir atau penitipan kendaraan roda dua sebesar Rp. 10.000 per motor, akses jalan terbilang masih liar dengan tidak adanya petunjuk arah menuju lokasi.

"Mengingat lokasi wisata ini merupakan salah satu aset daerah, pengelolaan dari segi kebersihan masih kurang terjaga, namun hal tersebut kembali lagi pada pengunjung untuk bisa menjaga lingkungan sekitar dan melestarikan alam," ucapnya.*

 

Baca pula : KPGBS Indonesia Ekspedisi ke Puncak Tertinggi NTB

Berita Terkait