Trending
Tips Membuat Api dari Bahan alami

Tips Membuat Api dari Bahan alami

Rabu, 04 Juli 2018 10:42 Dede Hadiyana info-dan-tips


Koropak.co.id - Seorang penggiat alam bebas yang menyukai petualangan di alam terbuka, membuat api dari bahan alami menjadikan sebuah keahlian yang wajib dikuasai.

Ketika berada di alam bebas, api memiliki banyak fungsi dan manfaat seperti memasak, pencahayaan, penghangat udara, sampai untuk mengusir atau menghindari dari binatang buas dan serangga.

Salah satu hal yang penting dalam persiapan sebelum berpetualang yakni korek api yang tidak boleh terlewatkan. Namun, jika ternyata pematik api tersebut tertinggal, hilang, terjatuh atau basah, maka ada beberapa teknik untuk menyiasati pembuatan api tanpa pematik instan.

Baca pula : Cara Tahan Suhu Dingin

Membuat api di alam terbuka dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau juga dapat memanfaatkan peralatan seperti kaca pembesar, botol air mineral, atau kaca senter untuk membuat api. Ada dua cara yang paling umum dilakukan untuk membuat api dalam keadaan darurat tanpa menggunakan pematik instan atau korek api.

1. Menggunakan batang kayu
Menggunakan batang kayu ini merupakan teknik atau cara menciptakan gesekan antara dua kayu yang akan menimbulkan panas dan api. Banyaknya ranting yang dapat ditemukan ketika berada di alam terbuka, tentunya memudahkan kita untuk melakukan tehnik tersebut.

Dengan menyiapkan sebuah ranting yang sedikit besar serta sebuah lempengan kayu atau pecahan pohon yang memiliki permukaan sedikit lebar. Kemudian buatlah lubang berbentuk V dengan ukuran yang sesuai dengan ranting tersebut. Apabila semua alat sudah siap maka mulailah memutar ranting dengan menggunakan kedua telapak tangan secara konsisten.

Tips Membuat Api dari Bahan alami

2. Manfaatkan cahaya matahari
Cahaya matahari adalah sumber yang utama apabila akan membuat api di siang hari. Akan tetapi teknik ini tentunya memerlukan alat bantuan seperti kaca pembesar, botol air mineral bening yang berisi air, atau kaca reflektor pada senter.

Pada prinsipnya, mengumpulkan fokus cahaya matahari di satu titik dengan menggunakan alat. Cahaya matahari yang ditangkap dan dilanjutkan ke media seperti daun kering, kayu, atau kertas. Secara perlahan media akan menghasilkan panas dari cahaya matahari yang akan mengeluarkan asap kemudian berapi.

Baca pula : Kiat Merencanakan Liburan Menyenangkan

Kedua teknik tersebut merupakan teknik paling sederhana dalam membuat api dari bahan alami. Tidak ada salahnya apabila melakukan latihan terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan langsung di alam terbuka agar tidak terjadi kepanikan apabila secara tiba-tiba membutuhkan sumber api pada saat melakukan pendakian atau berkemah.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat api dengan kedua teknik tersebut yakni, mempersiapkan lokasi untuk membuat api dengan matang, memastikan kayu atau media yang akan digunakan benar-benar kering, konsisten dalam memutar kayu, mempersiapkan api sebelum malam tiba.

Pada dasarnya membuat api tanpa pematik instan atau korek api tidak terlalu sulit dengan bahan-bahan alami atau memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita, dengan sedikit pengetahuan serta rasa sabar yang cukup tinggi kita dapat membuat api tersebut dengan mudah.*

Berita Terkait