Trending
Tips Memilih Makanan di Hutan

Tips Memilih Makanan di Hutan

Kamis, 12 Juli 2018 17:14 Dede Hadiyana info-dan-tips


 

Koropak.co.id - Berkegiatan di alam bebas atau menyusuri hutan belantara tentunya sudah mengetahui dengan resiko yang akan dihadapi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tersesat adalah salah satu resiko yang sering dialami oleh para penjelajah, namun hal tersebut dapat dapat diatasi apabila disertai dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Selain mencari tempat berlindung dan membuat perapian, hal lain yang seharusnya dilakukan yakni bagaimana cara mencari stok makanan di sekitar ketika tersesat di hutan untuk bertahan hidup hingga tim penolong datang. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan memilih makanan di hutan ketika tersesat.

1. Memilih makanan yang biasa dikonsumsi
Ada banyak tumbuhan di hutan yang sebenarnya biasa dikonsumsi oleh kita sehari-hari. Tanaman-tanaman ini juga dapat menjadi penyelamat ketika kita sedang berada dalam kondisi tersesat di hutan dan jumlah logistik semakin berkurang.

Beberapa di antaranya adalah buah-buahan atau daun-daunan, ada pula batang tanaman yang bisa dikonsumsi. Selain buah, daun dan batang, kita juga dapat mengonsumsi umbi tanaman.

Baca : Tips Membuat Api Dari Bahan Alami


2. Jenis tumbuhan-tumbuhan yang dikonsumsi oleh monyet atau kera

Tumbuhan atau tanaman yang dikonsumsi oleh kera atau monyet biasanya aman juga untuk kondisi perut manusia, hal ini disebabkan oleh sistem pencernaannya yang tidak jauh berbeda dengan manusia. Untuk karena itu, cobalah untuk lebih jeli melihat sekeliling agar dapat menemukan tumbuhan yang menjadi favorit para satwa ini.

Tips Memilih Makanan di Hutan


3. Hindari tumbuhan berbau dan bergetah

Kriteria lain makanan yang dapat dikonsumsi adalah tumbuhan tidak mengandung bau tidak sedap. Biasanya, jenis tumbuhan ini tidak bagus untuk pencernaan dan dapat menimbulkan sakit atau keracunan. Selain itu, tanaman yang bergetah juga sebaiknya tidak dikonsumsi demi kenyamanan pencernaan.

4. Melakukan pengujian bahan makanan
Setelah menemukan jenis makanan yang dapat dikonsumsi, sebelumnya lakukan pengujian bahan makanan terlebih dahulu. Kita dapat mengoleskan bahan makanan tersebut pada kulit, tangan, muka, bibir, dan lidah. Kemudian tunggu 5 hingga 10 menit.

Jika tidak merasakan hal yang aneh seperti rasa gatal, panas, pusing, iritasi, mual, dan adanya bercak, maka makanan tersebut dapat dikonsumsi. Sebaliknya, jika makanan tersebut membuat kita merasakan salah satu dari efek tadi, lebih baik mencari alternatif bahan makanan lainnya.

5. Carilah makanan yang mengandung air
Di tengah hutan belantara, air merupakan salah satu sumber kehidupan yang susah-susah gampang untuk didapatkan. Apabila jika persediaan air yang dibawa habis atau menipis, saatnya menemukan sumber air untuk mencegah dehidrasi. Kita juga dapat mencegah dehidrasi dengan makan jenis makanan yang mengandung banyak air.

Sumber air darurat lainnya bisa didapatkan dengan membungkus batang yang memiliki sejumlah daun dengan kantong plastik. Setelah beberapa jam, daun-daun tersebut akan berkeringat dan air tersebut bisa dikonsumsi.

Baca puga : LJSK Edukasi Tanpa Henti

6. Cari ikan atau binatang air
Jika Anda berhasil menemukan sumber air, cobalah untuk mencari hewan seperti ikan yang dapat dikonsumsi. Ada pula jenis lain seperti udang, belut, kodok, dan sebagainya. Untuk mendapatkannya, kita dapat menggunakan alat yang sederhana.

Apabila kita sudah menemukan bahan makanan di hutan untuk dikonsumsi, usahakan untuk selalu memasaknya terlebih dahulu. Memanaskan sesuatu dengan api mendidih selama beberapa menit untuk menghilangkan parasit atau bakteri yang terdapat pada makanan tersebut. Hal ini penting untuk mengurangi risiko keracunan yang terjadi.*

Berita Terkait