Trending
Kiat Merencanakan Liburan Menyenangkan

Kiat Merencanakan Liburan Menyenangkan

Senin, 25 Desember 2017 08:01 Eris Kuswara TravelTips


Asyiknya Berlibur Dengan Perencanaan Yang Matang

koropak.co.id - Perencanaan liburan yang buruk dan kurangnya informasi saat liburan bisa menyebabkan beberapa masalah pada Anda, seperti biaya yang membengkak, barang bawaan yang terlalu banyak dan merepotkan, bahkan mungkin Anda terkena traveler diare yang dapat merubah liburan Anda menjadi bencana. Berikut Kami berikan tips dan trik merencanakan liburan yang mungkin bisa Anda gunakan.

1. Informasi
Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah yang akan Anda tuju, bisa dengan bertanya pada teman, melihat dari majalah atau mencarinya di internet. Saat ini pencarian informasi melalui internet sudah lebih baik dengan banyaknya situs-situs yang memberikan informasi lengkap tentang objek wisata.

Jika memungkinkan carilah travel log atau catatan perjalalan / pengalaman orang lain yang pernah mengunjungi tempat yang ingin Anda tuju, karena akan lebih membantu dan informatif.

Mulailah untuk belajar membuat travel log / catatan kecil perjalanan Anda mengenai biaya, waktu tempuh, ongkos, penginapan dan lainnya. Catatan tersebut bisa Anda simpan atau publish di internet / blog Anda untuk membantu wisatawan lain yang akan mengikuti jejak langkah Anda. Salah satu situs wisata yang cukup lengkap dan banyak berisi travel log / story dapat Anda lihat di www.travelblog.org

Kiat Merencanakan Liburan Menyenangkan2. Peta wisata
Banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya sebuah peta. Pada dasarnya peta adalah gambaran permukaan bumi yang ditulis pada bidang datar (karena bumi berbentuk bulat / elipsoid). Selain menunjukan lokasi, peta yang baik harus memiliki skala, sehingga Anda bisa menentukan jarak suatu tempat ke tempat lain, yang pada akhirnya Anda dapat menentukan perkiraan waktu tempuhnya.

Peta yang lebih informatif dilengkapi dengan garis kontur yang merupakan gambaran ketinggian, sehingga Anda bisa mengetahui suatu tempat berada di dataran tinggi atau rendah, atau perjalanan yang akan menanjak / menurun (posisinya relatif terhadap posisi Anda sekarang).


3. Transportasi
Ada beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan menuju dan selama liburan Anda dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Apabila Anda memutuskan menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya jika tujuan wisata Anda tidak terlalu jauh, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima, cek semua kelengkapan standar seperti tool box & ban serep, surat-surat dan lainnya. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum baik darat, laut maupun udara, pesanlah tiket di jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Selain memastikan ketersediaan tiket / tempat, memesan di jauh hari sebelumnya juga bisa menghemat biaya (terutama tiket pesawat terbang) karena biasanya harganya masih lebih murah. Dan Bandingkanlah harga tiket pesawat terbang dari berbagai maskapai & agen penerbangan online tanpa perlu membuka websitenya satu pesatu.

4. Akomodasi
Mungkin sebagian dari Anda ada yang mengenal istilah "harga corporate". Harga tersebut merupakan harga diskon yang diberikan oleh hotel kepada rekanan bisnisnya, bisa berupa perusahaan-perusahaan besar yang prospektif maupun perusahaan travel.
Untuk hotel berbintang 3-5, diskon harga yang diberikan bisa mencapai 45% dari publish rate (harga untuk pengunjung umum) saat weekday dan sampai dengan 35% saat weekend.

Oleh sebab itulah perusahaan travel bisa memberi harga diskon yang besar kepada pelanggannya. Sedangkan untuk hotel kecil sampai dengan hotel melati, diskon yang didapat berkisar 10% saja.

5. Barang bawaan dan packing
Banyak sekali wisatawan yang kaget ketika menyadari betapa banyaknya barang yang harus dibawa. Memang diperlukan pengalaman untuk menjadi efisien dalam menentukan barang apa saja yang dibawa dan seni mengepak barang ke dalam tas.

Pastikan semua barang bawaan masuk ke dalam tas, hindari ada barang lain di dalam plastik misalnya yang akan Anda tenteng, karena akan merepotkan dan bahkan mungkin akan tertinggal. Bawalah satu tas kecil tambahan (misal tas pinggang) untuk menyimpan barang yang sering dipakai seperti tiket, uang receh dan lainnya.

6. Travelers Diare
Travelers diare atau penyakit diare saat bepergian adalah penyakit yang sudah lumrah dialami wisatawan, penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan buruk wisatawan itu sendiri yaitu senang memakan berbagai macam jajanan khas daerah yang dikunjungi tanpa memperhatikan kebersihannya. Untuk itu persiapkanlah obat diare Anda juga pil norit sebelum Anda bepergian.

7. Berfikir Positif
Nikmatilah setiap kelebihan dan kekurangan perjalanan Anda. Bersikaplah ramah misalnya kepada pedagang asongan, atau kepada pemandu tidak diundang yang tiba-tiba saja mengantarkan Anda lalu meminta uang setelahnya.

Demikianlah beberapa tips yang Kami berikan semoga dapat bermanfaat dan menjadi panduan bagi Anda yang membutuhkannya pada saat liburan. Selamat berlibur. (Eris Kuswara/Koropak)***

Berita Terkait