Trending
Mengenal Lebih Dekat XTC

Mengenal Lebih Dekat XTC

Jum'at, 10 Agustus 2018 16:15 Eris Kuswara Komunitas


 

Koropak.co.id - XTC atau Exalt To Coitus Indonesia merupakan sebuah komunitas otomotif yang berdiri pada 1982 lalu oleh 7 orang pemuda asal Bandung. Namun belakang ini nama itu diganti menjadi Exalt To Creativity dengan simbol kelompok berupa bendera berwarna paling atas putih, biru muda dan biru tua, kemudian tengahnya bergambar lebah.

Secara harfiah, gambar tersebut dimaknai oleh anggota kelompok XTC sebagai solidaritas antar anggota. Apabila salahsatu di antara mereka diserang, maka yang lainnya akan membela seperti halnya lebah.

Untuk menjadi anggota XTC, calon anggota sendiri harus mengikuti terlebih dahulu penggojlogan di Lembang Bandung. Biasanya calon anggota akan diuji ketahanan fisik seperti ditendang, diinjak, dan dipukul. Selanjutnya diadakan juga tes mengendarai motor ke rumah tanpa rem. Kegiatan lainnya, XTC sering mengadakan konvoi, adu balap, tindak kriminal seperti penodongan.

Baca : Berdirinya XTC Tasik Utara Kabupaten Tasikmalaya


Mengenal Lebih Dekat XTC

 

Namun di dalam perkembangannya, XTC yang awal mula dikenal sebagai geng bermotor yang meresahkan, mulai dari perang antar geng bermotor serta kerusuhan, mulai bertransformasi ke arah yang lebih baik, seiring dengan disahkannya XTC sebagai organisasi kemasyarakatan.

Berbagai cara pun ditempuh untuk mengubah stigma negatif yang telah melekat pada XTC. Bahkan kini XTC telah memperketat tata tertib keanggotaannya, dan menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai instansi, seperti polisi, TNI, termasuk pemerintah.

Baca : Apresiasi Movements XTC Tasik Utara


Anggota organisasi XTC juga tersebar di ke Indonesia, bahkan hingga mecapai negara lain seperti Jepang dan Los Angeles, Amerika Serikat. Catatan terakhir, anggota XTC Indonesia mencapai 200.000 dari 25 provinsi yang ada di Indonesia. Bahkan jumlah terbanyak berada di Bandung, mencapai 15.000 orang.

Salahsatu cabang XTC Indonesia yang kini mulai berubah ke arah yang lebih baik yakni XTC Tasik Utara yang berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. XTC Tasik Utara ini berdiri pada 30 Desember 2017 yang memiliki tujuan untuk merubah stigma negatif dari warga khususnya di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu XTC Tasik Utara juga didirikan bertujuan untuk turut membantu masyarakat dan berbagai program pemerintah.*


Baca pula : XTC Tasik Utara Siap Peringati HUT RI ke-73

Berita Terkait