Trending
Kesultanan Selaco Selacau Peringati HUT RI Ke-73

Kesultanan Selaco Selacau Peringati HUT RI Ke-73

Sabtu, 18 Agustus 2018 18:15 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73, Kesultanan Selaco Selacau Tunggul Rahayu yang berada di Kampung Nagaratengah Desa Cibungur Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (17/8/2018) menggelar upacara bendera serta berbagai kegiatan hiburan untuk memeriahkan HUT RI.

Dalam kesempatan itu, Raden Rohidin atau lebih dikenal sebagai Sultan Patra Kusumah VIII Selaco Selacau mengatakan di Hari Kemerdekaan ke-73 ini, dia ingin memberikan satu pemahaman kepada generasi muda tentang arti dari kemerdekaan.

"Jadi arti dari kemerdekaan ke-73 ini, lebih ke memperingati hari kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 lalu," kata Rohidin.

Pada saat itu, kata Rohidin, Bung Karno juga sudah sepakat sudah mengantarkan Bangsa ke depan pintu gerbang kemerdekaan. Dalam artian, pintu gerbang ini adalah kebebasan, Bangsa Indonesia kini bisa merasakan rasa aman, tentram dan damai tidak dibawah kekuasaan para penjajah lagi.

 

Kesultanan Selaco Selacau Turut Peringati HUT RI Ke-73

 

Baca : Kabinet Kesultanan Selaco Selacau Dikukuhkan

 

"Untuk para generasi muda dan seluruh rakyat di NKRI, mari kita bersama-sama mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif. Karena bagaimana pun juga kita sebagai rakyat Indonesia, sudah 73 tahun bisa merasakan damai dan sejahtera," ujarnya

Perdana Menteri Kesultanan Selaco Selacau Tunggul Rahayu, Drs H Asep M.Si menuturkan selain melaksanakan upacara, dalam rangka memperkuat motivasi, dan tali silaturahmi Kesultanan Selaco Selacau Tunggul Rahayu juga mengadakan beberapa rangkaian kegiatan.

"Kami juga turut mengadakan kegiatan lainnya, di antaranya kegiatan olahraga, kesenian dan takhziyah. Selain itu, turut diadakan pula beberapa hiburan dan lomba yang diikuti oleh jajaran keluarga besar para pangagung di Kesultanan Selaco Selacau Tunggul Rahayu," ucapnya.

Dikatakan Asep, kegiatan diakhiri dengan ziarah ke salah satu makam pupuhu Kesultanan Selaco Selacau Tunggul Rahayu, Kanjeng Prabu Surawisesa.*


Baca pula : Kiai Sofyan Yahya Sebut Dedi Mulyadi Rujukan Kesundaan

Berita Terkait