Trending
Bupati Bandung Apresiasi Festival Nuras Cai

Bupati Bandung Apresiasi Festival Nuras Cai

Senin, 17 September 2018 22:42 Dede Hadiyana Tradisi



Koropak.co.id - Festival kebudayaan Kendan Nuras Cai yang digelar di Kampung Nenggeng Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Minggu (16/9/2018) mendapat apresiasi yang luar biasa dari Bupati Bandung H. Dadang M. Nasser. Apresiasi ditujukan kepada Desa Citaman yang mempunyai kreativitas untuk mengemas budaya Nuras Cai.

Menurut Bupati, Festival Kendan ini harus lebih ditingkatkan lagi dengan mengkolaborasikan promosi berbagai wisata yang dapat dikembangkan, seperti wisata alam, wisata kuliner, dan wisata kreatif hasil karya dari masyarakat sekitar.

Bupati Bandung H. Dadang M. Nasser menuturkan, kegiatan Nuras ini harus dikomunikasikan dengan para pemilik swasta agar nantinya hulu cai tersebut dapat dikelola oleh PDAM atau oleh pemerintah desa karena menyangkut kepentingan umum.

"Nuras cai ini merupakan budaya lama yang harus dibina agar sumber air bisa abadi dan lestari. Bukan hanya mata airnya saja, tapi juga hutan titipan yang menjadi serapan air untuk cadangan airnya," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Bupati Bandung Apresiasi Festival Nuras Cai 2

 

 Baca : DPRD Bandung Nilai Banyak Persiapan Menuju Destinasi Wisata

Pola tanam yang harus diperbaiki, kata Dadang, jika kemiringan tanahnya lebih dari 30 derajat, maka harus dipadukan dengan tanaman keras contohnya dengan tanaman kopi. Kaitannya dengan kopi, karena di wilayah tersebut mempunyai keunggulan kopi daerah sendiri yakni kopi Kendan.

"Sayangnya, luas wilayah masih ditanami tanaman sayuran yang nantinya sangat berbahaya ketika datang musim penghujan yang dapat mengakibatkan longsor dan sumber air akan habis karena tidak adanya tanaman keras," ucapnya.

Kegiatan Nuras Cai, kata Dadang, harus didukung oleh seluruh stakeholder juga para komunitas agar ke depannya dapat dikemas lebih baik lagi.

"Ke depannya, baik tanah/lahan milik Perhutani, milik pribadi, dan milik desa, semua harus dihijaukan dengan gerakan penghijauan. Jadi fisosofis Nuras Cai tersebut tidak hanya sumber airnya saja tapi harus sampai ke atas," katanya.

 

Koropak.co.id - Bupati Bandung Apresiasi Festival Nuras Cai 3

 

Gerakan ke depan untuk menjadikan Desa Citaman sebagai destinasi wisata, harus dilakukan dulu evaluasi, agar lebih terkoordinir dan lebih profesional untuk pengembangan desa wisata.

"Terkait program seribu kampung, sebenarnya sudah lebih, karena di Kabupaten Bandung memiliki 4.250 kampung hanya tinggal ditingkatkan dari masing-masing kampung yang mempunyai keunggulan tersendiri, dan lebih digali lagi apa yang akan ditonjolkan," ujar Dadang.

Ditambahkan Dadang, yang dimaksud Bandung Seribu Kampung adalah gabungan dari berbagai kampung yang memiliki keunggulan masing-masing, termasuk dalam menjaga alamnya yang harus hijau dengan meningkatkan penghijauan.

"Pada lahan-lahan kritis itu harus dihijaukan, termasuk di halaman dan lahan kosong yang harus ditanami tanaman. Rekayasanya terdapat tanaman tegakkan, sayur-sayuran, tanaman untuk sumber resapan, serta biopori untuk mengamankan air di saat musim kemarau tiba," ucap Dadang.*

 

Baca : Festival Nuras Mandala Kendan Sukses



Berita Terkait