Trending
Merubah Kehidupan Masyarakat dari Segi Ekonomi, Sosial dan Budaya

Merubah Kehidupan Masyarakat dari Segi Ekonomi, Sosial dan Budaya

Senin, 17 September 2018 23:07 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Kepala Desa Citaman, Adang Andry mengaku bangga Festival Nuras Mandala Kendan yang digelar di Kampung Nenggeng Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Minggu (16/9/2018) mendapat apresiasi Bupati Bandung, Dadang M Nasser. Menurutnya, rencana ke depan, sesuai dengan harapan Bupati dan masyarakat sekitar, Desa Citaman ini nantinya akan dijadikan destinasi wisata baru di Kabupaten Bandung.

"Untuk itu masyarakat harus bersiap-siap menyambut dukungan dari Bupati Bandung dengan menyiapkan upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif, serta akan membangun berbagai fasilitas untuk para wisatawan layaknya destinasi wisata di wilayah lainnya," kata Andry.

 

Koropak.co.id - Merubah Kehidupan Masyarakat dari Segi Ekonomi, Sosial dan Budaya 2

 

Baca : Bupati Bandung Apresiasi Festival Nuras Cai

Andry bersyukur atas antusias stakeholder dan masyarakat yang sangat baik. "Seperti dari Bupati, Disbudpar, termasuk DPRD Kabupaten Bandung yang sangat antusias atas kegiatan ini. Tentunya para stakeholder juga mendukung kelanjutan kegiatan ini yang rencana akan digelar kembali tahun depan dengan lebih meriah, dan megah lagi," ucapnya.

Keterlibatan masyarakat sekitar, khususnya Desa Citaman yang mempunyai slogan "Citaman Aman tur Nyaman", kata Andry, menjadi wujud komitmen kesiapan pemerintah desa untuk mewujudkan slogan tersebut. Selain Festival Nuras Mandala Kendan yang memang sudah ada sejak dahulu, keramahan masyarakat sekitar untuk menyambut para wisatawan juga menjadi modal utama Desa Citaman untuk tumbuh menjadi Desa Wisata.

 

Koropak.co.id - Merubah Kehidupan Masyarakat dari Segi Ekonomi, Sosial dan Budaya 3

 

Baca : DPRD Bandung Nilai Banyak Persiapan Menuju Destinasi Wisata

 

Andry berharap Festival Nuras Mandala Kendan yang sudah masuk musrenbang Kabupaten Bandung dapat diakomodir pemerintah, seiring dengan optimisme yang menjadikan festival tahunan di wilayah Kecamatan Nagreg itu, mendorong Desa Citaman menjadi destinasi seni dan budaya.

"Bupati sudah hayu. Jika beliau sudah meng-iyakan, kita tinggal mengikuti saja," katanya.

Potensi di masyarakat, kata Andry, terlihat pada stan yang digelar dalam acara budaya Nuras Cai ini yang dapat menjadi contoh ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar. Seperti pada stan ekomoni kreatif golok dari Ciwidey.

"Berbagai hasil karya yang ditampilkan di masing-masing stan adalah sebagai contoh agar masyarakat dapat kreatif," ucapnya.*

 
Baca : Disbudpar Dorong Desa Citaman Jadi Desa Wisata

Berita Terkait