Trending
Kontes Ayam Pelung Dorong Geliat Perekonomian

Kontes Ayam Pelung Dorong Geliat Perekonomian

Minggu, 21 Oktober 2018 17:32 Dede Hadiyana Komunitas


 

Koropak.co.id - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-17 Kota Tasikmalaya sekaligus HUT ke-73 TNI, Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Kota Tasikmalaya menggelar "Kontes Ayam Pelung Eksibisi Tingkat Provinsi Jawa Barat" di halaman Tepbek-III 44-0201 B Jalan dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Minggu (21/10/2018).

Acara dihadiri oleh Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, Dandim Tasikmalaya Letkol Inf Nur Ahmad, Kapten CBA Asep Yayan Koswara, Kadispora Kota Tasikmalaya Hadian, Kadis Pertanian, Ketua DPW HIPPAPI Jabar Deden Jimat, dan DPD HIPAPI Kota Tasikmalaya Ian Ihsan, serta Muspika Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Ketua DPD HIPPAPI Kota Tasikmalaya Ian Ihsan mengatakan, peserta yang mengikuti kontes ini berasal dari berbagai daerah se-Priangan Timur, mulai dari Garut, Ciamis, Banjar Pangandaran, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan tentunya Tasikmalaya baik Kota maupun kabupaten.

"Tidak hanya peserta saja yang berasal dari luar Tasikmalaya, para dewan juri pun kita hadirkan dari Garut, Cianjur, dan Sukabumi. Termasuk salah seorang dosen pertanian dan peternakan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung," katanya.

Sementara itu, kepada Koropak, Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menuturkan, mewakili pemerintah juga masyarakat Kota Tasikmalaya, pihaknya sangat mendukung Kontes Ayam Pelung ini, karena menurutnya, kontes ayam pelung ini merupakan salah satu budaya Indonesia yang harus dipertahankan.

"Baru kali ini mengetahui bahwa ada kegiatan Kontes Ayam Pelung, dan ternyata banyak sekali komunitasnya. Bahkan antusiasnya sangat tinggi sampai ada peserta yang datang dari luar Kota Tasikmalaya. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, walaupun ini baru Eksibisi Tingkat Provinsi," ujarnya.

 

koropak.co.id - Kontes Ayam Pelung Dorong Geliat Perekonomian (2)

 

Baca : Kontes Ternak Se -Jawa Barat Tingkatkan Motivasi Peternak

Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman secara simbolis menggunting pita lahan bertanding dan memasukan seekor ayam pelung kedalam kandang sebagai simbolis diresmikannya kontes Ayam Pelung Eksibisi Provinsi Jawa Barat.

"Kontes Ayam Pelung ini masih jarang sekali. Selain menjadi ajang silaturahmi antar komunitas penggemar Ayam Pelung, dukungan kami dikarenakan banyak dampak positifnya bagi daerah, seperti meningkatkan ekonomi serta mendongkrak wisata budaya yang ada di Kota Tasikmalaya. Jika nanti digelar untuk tingkat nasional, kami, Kota Tasikmalaya siap menjadi tuan rumah," ujarnya.

Hal senada diutarakan Kapten CBA Asep Yayan Koswara. Pihaknya mengapresiasi kegiatan Kontes Ayam pelung tersebut, mengingat di samping kontes, ada juga kegiatan bakti sosial berbagi dengan 20 anak yatim, serta kegiatan donor darah yang sangat positif.

"Kita berharap kegiatan ini bisa menjalin silaturahmi antar komunitas, juga masyarakat. Seperti yang disampaikan Pak Walikota, untuk event tingkat nasional kita siap membantu dan mendukung," katanya.*

 

Lihat : Kontes Burung, Gebyar Nuasa Biru

 

 

 

Berita Terkait