Trending
Jangan Takut Naik Pesawat Terbang

Jangan Takut Naik Pesawat Terbang

Rabu, 31 Oktober 2018 18:24 Eris Kuswara TravelTips


 

Koropak.co.id - Kejadian jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Tanjung Karawang Jawa Barat, mungkin membuat sebagian orang menjadi takut untuk bepergian menggunakan pesawat terbang.

Terlebih lagi bagi orang yang baru pertama kali. Setelah kejadian jatuhnya Lion Air JT 610, membuatnya takut untuk bepergian menggunakan pesawat terbang. Namun kamu jangan khawatir, terdapat beberapa cara untuk mengatasi rasa takut terbang tersebut.

1. Melakukan konsultasi ke psikolog

Perlu diketahui, rasa trauma atau takut tersebut tidak bisa diatasi sendiri. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mencari bantuan kepada orang yang benar-benar memahami situasimu saat ini yaitu dengan bantuan psikolog. Selain itu, biasanya psikolog mempunyai cara tertentu atau terapi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan fobia atau takut terbang.

 

Baca : Tenaga Kerja Kesehatan Jadi Korban Lion Air JT 610

2. Belajar bermeditasi

Selain itu, meditasi dipercaya bisa membantu kamu dalam menenangkan pikiran dan mengatasi rasa cemas. Dengan demikian, kamu harus mempelajari teknik pernafasan agar merasa rileks selama penerbangan. Dengan memperbanyak meditasi, itu juga akan membantu kamu untuk berpikir jernih, meraih energi positif, dan peka terhadap segala situasi.

 

Baca : Pencarian Korban Lion Air JT 610 Terus Diupayakan 

 

3. Mulailah berani ke bandara dan melihat pesawat

Setelah melakukan konsultasi ke psikolog dan rutin bermeditasi, langkah selanjutnya adalah dengan memulai memberanikan diri lagi ke bandara. Kamu tidak perlu harus sampai naik ke pesawat dahulu, namun dengan melihat pesawat lalu-lalang, itu juga akan membantumu dalam melawan rasa takut itu.

 

Baca : Jokowi Terharu Temui Keluarga Korban Lion Air JT 610

 

Koropak.co.id - Jangan Takut Naik Pesawat Terbang (2)

 

4. Menginformasikan rasa takut terbang tersebut ke kru kabin

Apabila kamu sudah siap naik pesawat, jangan lupa juga untuk menginformasikan ke kru kabin yang bertugas bahwa kamu mempunyai trauma atau takut terbang. Karena informasi ini juga berguna bagi para pramugari, jika ada momen-momen saat kamu memerlukan bantuan.

 

Baca : Posisi Black Box Lion Air JT 610 Ditelusuri

 

5. Berusaha tetap sabar dan terus berusaha

Menghilangkan rasa takut terbang itu memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi proses tersebut harus dijalani serta dilakukan agar rasa takutmu ini bisa hilang. Selain itu, bagi seseorang yang mengalami trauma, waktu adalah obat terbaik untuk menyembuhkannya.*

 

Baca : Maskapai Lion Air Siap Fasilitasi Keluarga Korban

Berita Terkait