Trending
Tembok Cina, Sajikan Pengalaman Tak Terlupakan

Tembok Cina, Sajikan Pengalaman Tak Terlupakan

Kamis, 01 November 2018 19:13 Rizal Amirullah destinasi



Koropak.co.id - Great Wall atau kita kenal dengan sebutan Tembok Cina, merupakan satu dari 7 keajaiban dunia berupa bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Bahkan, saking panjangnya, Tembok Cina pernah ditetapkan oleh UNESCO sebagai tembok terpanjang di dunia pada 1987.

Panjang Tembok Cina mencapai 21.196 kilometer yang membentang dari barat ke timur melewati 15 provinsi. Dengan ketinggian rata-rata 7,6 meter dan lebar 4,6 meter. Menurut legenda, Tembok Cina dapat terlihat dari langit dengan jarak ketinggian hingga 320 kilometer.
Beberapa waktu lalu, Koropak berkesempatan mengunjungi Tembok Cina guna menyusuri keajaiban Tembok Cina. Ditemani Theresa, Wong Guide, Koropak menyusuri setiap jengkal keindahan Tembok Cina.

Theresa menjelaskan, Tentara Cina ketika itu membangun Tembok Cina sebagai benteng pertahanan dari bangsa Mongol. Adapun cara mematahkan serangan musuh adalah dengan bomb asap saat musuh sudah mendekati Tembok Cina, setelah itu baru musuh ditembak. Tak ayal, dalam sekali tembakan, efektif bisa mematikan 500 musuh.

 

Koropak.co.id - Tembok Cina, Sajikan Pengalaman Tak Terlupakan (2)

 

Baca : Kapal Super Mewah Segera Singgah di Indonesia

"Pembangunan Tembok Cina tidaklah terjadi dalam kurun waktu bersamaan, melainkan memakan waktu beberapa generasi," kata Theresa.

Pada tahun 770 - 476 SM, Negara Chu mengawali pembangunan Tembok Cina pada musim gugur. Di tahun 476 - 221 SM tujuan Negara limiter di Cina membangun Tembok Cina adalah untuk melindungi negaranya masing-masing.

Pada tahun 119 SM Dinasti Han di Provinsi Gansu membangun Tembok Cina, yang dilanjutkan Dinasti Ming pada 1.368-1.644 Masehi. Kala itu, Dinasti Ming membangun Tembok Cina sepanjang 6350 kilometer dengan dua pintu gerbang utama, yaitu Shanghaiguan dan Jiyugun.

 


Koropak.co.id - Tembok Cina, Sajikan Pengalaman Tak Terlupakan (3)

 

Baca : MS. Amsterdam Segera Berlabuh di Semarang

Sejak zaman Dinasti Ming lah Tembok Cina semakin dikenal dunia. Pada zaman Sin Shihuang atau Tembok Cina mendapat julukan "pemakaman terpanjang di dunia" karena para pekerja yang meninggal saat membangun Tembok Cina dimakamkan di sana.

Jika dilihat dari langit, Tembok Cina tampak seperti sebuah naga yang membentang dari timur ke barat, dengan kepalanya yang membenam ke laut Bohai di Shanghaiguan, sedangkan ekornya berada di sebuah danau Lop.

Bagaimana, Anda tertarik berkunjung ke Tembok Cina? Yuk Traveling.*

 

Baca pula : Lima Gunung Terbaik di Indonesia

 

Berita Terkait