Trending
Alasan Pesawat Masih Jadi Transportasi Teraman di Dunia

Alasan Pesawat Masih Jadi Transportasi Teraman di Dunia

Jum'at, 02 November 2018 18:59 Eris Kuswara TravelTips



Koropak.co.id - Apabila kamu sering melakukan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri untuk kepentingan  bisnis atau bahkan berlibur, pastinya kamu akan memilih transportasi pesawat terbang dikarenakan lebih efisien dari segi waktu.

 

________________________________________

Namun sayangnya,
tidak semua orang merasa nyaman
menggunakan pesawat terbang,
terlebih lagi bagi mereka
yang baru pertama kali naik pesawat,
pastinya akan ada rasa cemas
dan takut ketika mereka menaiki pesawat. 

________________________________________

 

Selain itu, dengan tragedi yang baru-baru ini terjadi perihal jatuhnya pesawat terbang Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang Jawa Barat menjadi salah satu pukulan berat bagi industri penerbangan. Sehingga dengan demikian, membuat sebagian orang mempertanyakan dan menjadi perbincangan publik terkait apakah moda transportasi pesawat tersebut aman? Berikut alasan mengapa moda transportasi pesawat terbang masih menjadi transportasi teraman di dunia.


1. Memiliki standar keamanan yang tinggi

Perlu diketahui pihak-pihak yang terlibat dalam operasional pesawat terbang contohnya seperti pilot, mereka  adalah orang profesional yang sudah terdidik dan terlatih selama bertahun-tahun untuk mahir menerbangkan pesawat. Maka membuat moda transportasi ini memiliki standar keamanan yang tinggi.

 

2. Pesawat diwajibkan pengecekan rutin

Jika dilihat dari sisi perawatan, moda transportasi udara ini bahkan dapat dikatakan sebagai moda transportasi yang paling terawat dan terkontrol. Karena setiap pesawat akan lepas landas dan sesaat setelah mendarat, pesawat tersebut harus melalui sejumlah proses pengecekan kondisi berbagai komponen pesawat yang dilakukan oleh teknisi yang terdidik dan terlatih.

 

3. Memiliki angka kecelakaan terkecil

Menurut data dari Aviation Safety Network, selama 40 tahun terakhir, angka kecelakaan dari pesawat terbang terbukti merosot tajam setiap dekadenya. Pada era 1970-an, setidaknya terdapat rata-rata 68,1 kecelakaan setiap tahunnya dan di era tahun 2000-an angkanya mengalami penurunan hingga 39,6 kecelakaan per tahun. 

 

Koropak.co.id - Alasan Pesawat Masih Jadi Transportasi Teraman di Dunia (2)

 

Baca : Tenaga Kerja Kesehatan Jadi Korban Lion Air JT 610

 

Ditambah lagi, jika dilihat dari statistika kecelakaan dalam industri penerbangan, negara Indonesia masih dikatakan masuk ke dalam kategori aman yang berarti maskapai penerbangan indonesia masih tergolong aman dan tidak bermasalah. Bahkan keselamatan saat penerbangan juga semuanya bisa dilihat dari rasio dan navigasi yang memadai ketika menerbangkan pesawat serta dibantu oleh Air Traffic Control (ATC).

Dengan merujuk data dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), tercatat sepanjang 2017 terdapat tujuh kasus kecelakaan penerbangan. Angka tersebut menurun apabila dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, yang mencapai 19 kasus.

Laporan dari KNKT tersebut sudah sinkron dengan hasil ICVM audit USOAP dari ICAO yang di mana nilai efektif implementasi terkait dengan keselamatan penerbangan Indonesia mencapai 81,15 persen. Jumlah tersebut meningkat dari audit pada tahun sebelumnya dan jauh di atas rata-rata dunia yang berada pada angka 60 persen.

 

Baca : Jangan Takut Naik Pesawat Terbang

 

Sedangkan jika melihat data Badan Statistik Transportasi Amerika Serikat, kecelakaan terbanyak sendiri dialami oleh moda transportasi darat yakni sebanyak 6.296.000 kejadian dan yang terbanyak adalah korban kecelakaan penumpang kendaraan roda empat sebanyak 6.243.000. Sementara kecelakaan terbanyak kedua yakni pengguna sepeda motor sebanyak 102.000 kecelakaan, terakhir adalah kecelakaan yang dialami oleh mobil truck sebanyak 4.414.000 kecelakaan.

Sementara untuk jenis moda transportasi laut terdapat 7.679 mengalami kecelakaan yang terjadi pada tahun 2015. Sedangkan moda transportasi udara sebanyak 1.283. Dengan demikian artinya, melihat data yang ada, moda transportasi jenis udara ini memang masih terbilang jenis kendaraan yang paling aman didunia meskipun saat ini sedang ada tragedi jatuhnya pesawat.*


Baca : Maskapai Lion Air Siap Fasilitasi Keluarga Korban



Berita Terkait