Trending
Bertahan Hidup Saat Alami Kecelakaan Pesawat

Bertahan Hidup Saat Alami Kecelakaan Pesawat

Sabtu, 03 November 2018 16:59 Eris Kuswara TravelTips



Koropak.co.id - Meskipun pesawat terbang dikatakan masih sebagai moda transportasi teraman di dunia, namun pada kenyataannya kecelakaan pesawat yang jatuh seperti pesawat Lion Air JT 610 tidak dapat dihindari. Akan tetapi, bukan berarti juga resiko dari kecelakaan tersebut tidak dapat untuk diminimalisasi.

______________________________________

Penumpang pesawat
diharapkan mampu tanggap
dalam menghadapi
situasi darurat ketika pesawat
sedang mengalami masalah.

______________________________________

 

Berikut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh penumpang pesawat untuk dapat bertahan hidup saat pesawat mengalami kecelakaan.

1. Mengendurkan sabuk pengaman
Jika kalian merasakan sedang ada yang tidak beres dengan pesawat yang ditumpangi, maka langkah yang harus diambil adalah segera mengendurkan sabuk pengaman serta melepaskan sepatu hak tinggi bagi wanita.

 

2. Memperhatikan instruksi dari pramugari
Selain itu, diharapkan para penumpang juga untuk selalu memperhatikan instruksi dari pramugari dalam keadaan darurat. Ditambah lagi, penumpang juga diwajibkan untuk bisa memahami demo keselamatan terbang yang sedang diperagakan pramugari sebelum pesawat lepas landas.

 

Koropak.co.id - Bertahan Hidup Saat Alami Kecelakaan Pesawat (4)

 

Baca : Jangan Takut Naik Pesawat Terbang

3. Mencari pintu darurat
Langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu dimana letak pintu keluar pesawat termasuk juga dengan pintu darurat terdekat. Hal ini perlu dilakukan karena terdapat pintu pesawat yang tidak bisa dibuka ketika mendarat di perairan. Ditambah lagi, kalian juga sangat dianjurkan untuk mengingat dan menghitung deretan kursi untuk mempermudah dalam mengetahui pintu keluar ketika pesawat dalam keadaan gelap atau dipenuhi dengan asap.

 

4. Tetap duduk saat pesawat mendarat
Apabila pesawat tersebut tergelincir di landasan pacu, maka penumpang pun diharapkan untuk tetap berada di tempat duduk hingga diperintahkan mengevakuasi diri. Kalian juga diharapkan jangan membuka pintu atau jendela keluar tanpa instruksi dari awak kabin.

 

5. Mengetahui aturan mengenakan pelampung
Jika pesawat yang kalian tumpangi mendarat di atas perairan, alangkah baiknya untuk tidak mengembangkan pelampung di dalam kabin pesawat yang telah terisi air. Karena hal ini bisa membuat kalian terjebak di langit-langit kabin dan tidak dapat keluar dari kabin.*

 

Baca : Alasan Pesawat Masih Jadi Transportasi Teraman di Dunia

 

Berita Terkait