Trending
Tips Berlibur ke Luar Negeri Saat Dolar As Naik

Tips Berlibur ke Luar Negeri Saat Dolar As Naik

Senin, 05 November 2018 00:00 Dede Hadiyana TravelTips


 

Koropak.co.id - Seminggu terakhir di bulan Maret 2018, pergerakan rupiah cenderung terus melemah hingga menginjak level 14.000 per dollar Amerika. Meskipun rupiah melemah, jangan jadi halangan bagi kita untuk berlibur ke luar negeri.

______________________________________

Pelemahan kurs ini tidak hanya
dialami oleh mata uang Indonesia saja,
beberapa mata uang negera lain pun
juga melemah terhadap dollar Amerika.
Brazil dan India misalnya,
bahkan nilai tukar rupiah
masih lebih baik dibanding
mata uang negara-negara tadi.

______________________________________

 

Selalu ada cara jika kita mau berusaha. Ada beberapa trik jitu yang tidak menghalangi kita untuk berlibur ke luar negeri walaupun kondisi rupiah sedang melemah.

1. Memangkas pengeluaran lain

Mengutamakan kriteria yang sejenis atau seputaran rekreasi dengan memangkas anggarannya, jika memang berniat untuk travelling ke luar negeri. Contohnya memangkas anggaran nonton bioskop, makan di restoran, atau nonton konser. Dengan begitu, pengeluaran jangka panjang untuk perjalanan ke luar negeri mendapat tambahan dari pemangkasan anggaran tadi. Karena masih banyak hiburan yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan dana besar.

 

 

Koropak.co.id - Tips Berlibur ke Luar Negeri Saat Dolar As Naik 1

 

Baca : Tembok Cina Sajikan Pengalaman Tak Terlupakan

 

2. Dana darurat

Tidak semua orang dapat menggumakan trik ini, karena sangat diperlukan tanggung jawab yang besar dan kedisiplinan tinggi agar dana yang memang disediakan untuk kebutuhan darurat tidak habis terpakai untuk liburan. Trik ini digunakan jika memang dana darurat tersebut sudah terkumpul banyak. Tentunya dana darurat ini tidak digunakan sepenuhnya, mungkin dapat diambil sekitar 20 persen saja.

 

3. Liburan ke negara non dolar

Untuk trik yang satu ini artinya, cari negara yang akan dituju dengan catatan mata uang negara tersebut bukan dolar atau negara yang mata uangnya tidak terlalu kuat terhadap nilai rupiah. Hal ini dapat meminimalisir pengeluaran saat liburan di negara tersebut. Sasaran utama mungkin negara-negara Asean atau negara-negara di Eropa Timur seperti negara Belarusia misalnya. Sepanjang riwayatnya, negara ini yang bermata uang Rubel posisinya selalu di bawah Indonesia.

 


Koropak.co.id - Tips Berlibur ke Luar Negeri Saat Dolar As Naik 2

Baca : Kapal Super Mewah Segera Berlabuh di Semarang

 

4. Menunda hingga Rupiah Naik

Ini trik terakhir jika trik-trik sebelumnya dirasa tidak memungkinkan. Menabung juga tentu sangat mempengaruhi trik ini dan bukan mustahil target tujuan dapat jauh lebih dari target sebelumnya.

Berlibur adalah hak semua orang, namun tidak semuanya dapat berlibur ke luar negeri dengan berbagai alasan. Rencana anggaran sebaiknya dibuat jauh hari sebelumnya, agar dapat mempersiapkan segala halnya, terutama budget.

Hindari membiayai liburan dengan berhutang. Hal itu berbahaya terutama jika tanpa pemikiran yang matang meskipun nilai tukar Rupiah tengah melemah terhadap dollar.*

 

Baca : 5 Hotel Termewah di Dunia


 

 

 

Berita Terkait