Trending
Takut Mabuk Udara Saat Naik Pesawat?

Takut Mabuk Udara Saat Naik Pesawat?

Jum'at, 09 November 2018 18:16 Eris Kuswara TravelTips



Koropak.co.id - Perlu diketahui, mabuk udara pada saat naik pesawat ini seringkali terjadi apabila kamu sedang dalam penerbangan yang panjang, terlebih lagi bagi kamu yang baru pertama kalinya naik pesawat. Selain itu, mabuk udara ini biasanya terjadi akibat tubuh yang sedang dalam kondisi tidak sehat pada saat melakukan perjalanan.

Dengan demikian, hal tersebut akan membuatmu merasa pusing dan mual. Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan perjalanan penerbangan yang panjang, alangkah baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu beberapa tips yang telah kami siapkan.

 

Baca : Bertahan Hidup Saat Alami Kecelakaan Pesawat

1. Membawa Peppermint
Pada saat melakukan perjalanan yang panjang dengan menggunakan pesawat, alangkah baik untuk mencoba membawa permen dengan rasa peppermint atau minyak beraroma peppermint. Karena dengan memakan permen tersebut, bisa menghilangkan rasa mual dan pusing yang datang. Sementara itu, kamu juga bisa menghirup minyak beraroma peppermint dengan cara mengoleskannya di bagian perut dan pangkal leher.

2. Memilih tempat duduk yang tepat
Ternyata posisi tempat duduk pada saat di pesawat juga bisa menyebabkanmu mual dan pusing. Dengan demikian, kamu harus terlebih dahulu memperhatikan tempat dudukmu agar nantinya tidak mengalami mabuk udara. Sehingga dengan memilih tempat duduk yang tepat, akan membuat perjalananmu menjadi nyaman.

3. Makan dan minum yang cukup sebelum naik pesawat
Diketahui, melakukan perjalanan yang panjang dengan menggunakan pesawat dalam keadaan perut yang kosong, ternyata dapat membuatmu mabuk udara. Maka dari itu, usahakanlah untuk makan dan minum terlebih dahulu sebelum bepergian dengan porsi yang secukupnya. Karena apabila perut dalam keadaan terlalu penuh, itu akan membuatmu mabuk pada saat naik pesawat.

4. Menghindari makanan berkarbohidrat dan berkadar gula yang tinggi
Dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat dan gula yang tinggi sebelum melakukan perjalanan udara, akan dapat memicu adrenalin yang bisa membuatmu panik dan berakibat pada mual dan pusing. Sehingga, alangkah baiknya untuk makan makanan yang mengandung protein dan vitamin yang cukup.

 

Baca : Alasan Pesawat Masih Jadi Transportasi Teraman di Dunia

5. Menghindari membaca buku pada saat laju pesawat tidak stabil
Membaca buku pada saat pesawat tidak stabil akan membuat matamu berusaha lebih keras untuk bisa fokus dalam membaca tulisan. Karena selain membuat matamu lelah, hal tersebut juga akan memicu rasa mual dan pusing. Oleh karena itu, tunggulah sampai laju pesawat kembali stabil. Ditambah lagi, usahakanlah untuk tidak membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat dengan mata dan jangan membaca dalam waktu yang terlalu lama.

6. Bersikap santai dan tidak tegang
Diketahui, kondisi pikiran yang tegang adalah salah satu pemicu terjadinya mabuk udara. Dengan demikian, usahakan untuk tetap rileks selama di perjalanan, bahkan kamu juga bisa mengalihkan pikiranmu tersebut kepada hal-hal yang menyenangkan.

7. Meminum obat anti mabuk untuk berjaga-jaga
Apabila kamu sudah melakukan beberapa tips diatas, namun masih khawatir dengan mabuk udara tersebut. Kamu bisa meminum obat anti mabuk untuk berjaga-jaga. Perlu diketahui, obat anti mabuk ini juga akan menjaga tubuhmu agar tidak mual dan pusing selama di perjalanan dan biasanya obat ini mengandung efek samping seperti obat tidur.*

 

Baca pula : Jangan Takut Naik Pesawat Terbang

 

Berita Terkait