Trending
Resiko dan Bahaya Pendakian di Musim Hujan

Resiko dan Bahaya Pendakian di Musim Hujan

Sabtu, 10 November 2018 22:18 Dede Hadiyana TravelTips


Koropak.co.id - Untuk sebagian pecinta alam, mendaki gunung merupakan kegiatan menyenangkan yang masuk dalam kategori olahraga ekstrim namun salah satu cara juga untuk menyatu dengan alam.  

Akan tetapi, memasuki musim penghujan serta cuaca yang tidak dapat diprediksi seperti sekarang ini, masih amankah untuk para penggiat alam bebas mendaki gunung di musim hujan? Inilah saatnya untuk membuat pertimbangan dengan matang.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan para pendaki jika hendak memiliki niat untuk mendaki gunung pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

 

1. Pertimbangkan bahaya dan resiko keselamatan

Sebagai pendaki yang bijak, tentunya akan mempertibangkan segala hal dalam sebuah pendakian mulai dari keselamatan dan keamanan diri sendiri serta tim karena akan ada banyak bahaya dan resiko yang dihadapi. Ada berbagai resiko dan bahaya jika memaksakan diri untuk melakukan pendakian pada musim hujan seperti kondisi fisik yang akan cepat lelah, resiko sambaran petir, serta bahaya pohon tumbang.

 

Koropak.co.id - Resiko dan Bahaya Pendakian di Musim Hujan 4

 

Baca : Tujuh Hal yang Harus Dihindari saat Turun Gunung

 

2. Dipastikan beban semakin berat

Pendakian di musim hujan pastinya harus siap menerima beban yang akan lebih berat dari biasanya, karena perbekalan khususnya pakaian untuk ganti akan serba Double demi mengurangi resiko ancaman Hypothermia dengan kondisi pakaian yang basah. Belum lagi penggunaan perlengkapan pelindung dari hujan seperti jas hujan atau ponco ini, akan membatasi pergerakan dalam perjalanan sebuah pendakian.

 

Baca : Bunga Abadi Bukan Untuk Dimiliki

 

3. Hujan selalu berdampingan dengan kabut

Dalam sebuah pendakian, banyaknya para pendaki "Zaman Now" yang hanya memiliki tujuan melihat pemandangan yang indah. Tidak dimungkiri, semua pendaki pun melakukan hal yang sama untuk mengungkapkan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas ciptaan-Nya. Namun tak cukup hanya sekedar bersyukur saja, menjaga dan melestarikan alam harus menjadi tujuan lainnya dalam sebuah pendakian. 


_______________________________________

Pendakian di musim hujan 
akan kecil kemungkinan untuk 
mendapatkan pemandangan indah. 
Karena ketika sedang turun hujan, 
maka kabut akan ikut serta
menyelimuti puncak gunung. 

_______________________________________

 

4. Hentikan pendakian

Kerap kali menemukan pendaki yang masih menuruti ego sendiri dan mengabaikan hal-hal penting yang mendekatkan pada keselamatan nyawa diri sendiri maupun tim yang bersamanya.  Saat mendapati cuaca yang sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, maka haruslah kiranya mengambil keputusan untuk menghentikan langkah. Karena tujuan utama para pendaki gunung yakni kembali pulang ke rumah dengan selamat, bukanlah puncak gunung tersebut.*


Baca Pula : Perbedaan Pendaki Jaman Old dan Pendaki Jaman Now



Berita Terkait