Trending
Terungkap, Inilah Rahasia Pesawat Terbang

Terungkap, Inilah Rahasia Pesawat Terbang

Senin, 12 November 2018 22:05 Eris Kuswara TravelTips



Koropak.co.id - Musibah kecelakaan Lion Air JT610 beberapa waktu lalu, ternyata tidak mengganggu peringkat moda transportasi pesawat terbang sebagai moda transportasi paling aman dan paling diandalkan untuk melintasi samudera dan benua di dunia.

Nah, di balik itu, ada beberapa rahasia yang nampaknya harus kamu ketahui tentang pesawat terbang. Apa sajakah itu? Berikut 7 rahasia yang ada pada pesawat.

 

1. Pesawat tahan petir
Pada saat cuaca buruk terjadi, banyak yang berpikir bahwa pesawat beresiko tersambar petir. Namun dengan kecanggihan teknologinya, pesawat sudah dilindungi anti sambaran petir sehingga tidak akan membahayakan penerbangan meski cuaca tengah hujan petir.

 

2. Tidak ada tempat duduk paling aman di pesawat
Dari catatan penelitian yang ada, membuktikan bahwa tidak ada satupun tempat duduk yang dikategorikan aman pada sebuah pesawat tatkala pesawat tersebut mengalami kecelakaan. Namun, jika berbicara tentang kenyamanan, jika ingin terbang tanpa terlalu banyak guncangan, pilihlah kursi yang berada di tengah pesawat.

 

Koropak.co.id - Terungkap, Inilah Rahasia Pesawat Terbang (2)

 

Baca : Takut Mabuk Udara Saat Naik Pesawat?

3. Memiliki kabin rahasia
Tahukah kamu bahwa pesawat memiliki kabin rahasia? Kabin ini biasanya dimiliki oleh pesawat yang mengangkut penumpang yang lebih banyak, dengan tujuan perjalanan yang cukup lama. Pesawat dikategorikan memiliki durasi penerbangan cukup panjang apabila jam terbang dalam satu kali perjalanannya mencapai lebih dari enam jam di udara.

 

4. Pesawat masih bisa andalkan mesin lainnya
Apabila salah satu mesin pada pesawat mati, pesawat masih bisa mencapai bandara terdekat hanya dengan satu mesin saja. Hal itu dikarenakan daya dorong satu mesin pesawat yang kuat yang dapat menjaga pesawat tetap mengudara. Oleh sebab itu, meskipun salah satu mesin pesawat mati, tidak membuat pesawat oleng dan kehilangan keseimbangan.

 

5. Alasan mengapa penutup jendela harus dinaikkan pada saat lepas landas
Kamu tidak perlu panik saat pertama kali naik pesawat dan melihat ada lubang di jendela pesawat. Lubang tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan suhu dan tekanan udara di dalam kabin dengan luar kabin, serta mencegah jendela berembun.

 

Koropak.co.id - Terungkap, Inilah Rahasia Pesawat Terbang (3)

 

Baca : Bertahan Hidup Saat Alami Kecelakaan Pesawat

6. Alasan jendela pesawat yang berlubang
Mengapa jendela pesawat mempunyai bentuk oval? Ternyata terdapat alasan penting di balik jendela pesawat yang berbentuk oval. Salah satunya adalah mengurangi turbulensi atau guncangan ketika pesawat berada di atmosfer yang lebih rendah.

7. Alasan mengapa jendela pesawat tidak berbentuk persegi
Saat awak kabin memberi tahu Anda untuk duduk dan memakai sabuk pengaman, bersiaplah turbulensi pesawat. Tak perlu panik, cukup ikuti instruksi awak kabin, pasang sabuk pengaman, dan berdoalah.*

Baca : Alasan Pesawat Masih Jadi Transportasi Teraman di Dunia

 

Berita Terkait