Trending
Rappelling, Hobi Adrenalin Menyenangkan

Rappelling, Hobi Adrenalin Menyenangkan

Rabu, 21 November 2018 23:20 Dede Hadiyana TravelTips


Koropak.co.id - Apakah anda sudah pernah mendengar Rappelling (Descending)? Rappelling merupakan teknik turun dari tebing, jembatan, dan tempat ketinggian lainnya menggunakan tali karmantel.

Teknik ini digunakan untuk menuruni tebing. Baik dalam teknik maupun keselamatan, Rappelling sangat bergantung pada peralatan. Prinsip rappelling adalah menggunakan tali karmantel sebagai jalur lintasan dan tempat bergantung, menggunakan gaya berat badan dan gaya tolak kaki pada tebing sebagai pendorong gerak turun, serta menggunakan salah satu tangan untuk keseimbangan dan tangan lainnya untuk mengatur kecepatan

________________________________________

Rappelling merupakan salah satu bagian
dari Single Rope Technique (SRT)
dalam aktivitas outdoor.
Dalam melaksanakan rappelling,
perlu pengetahuan mendalam
mengenai tali-temali,
serta persiapan fisik
dan mental yang baik.

________________________________________


Rappelling ini biasanya menjadi pengetahuan dasar dalam mempelajari aktivitas lapangan seperti climbing, SAR (search and rescue), mountain climbing, caving, rafting dan banyak hal lainnya. Adapun syarat-syarat melaksanakan rappelling ini antara lain :

1. Tali Karmantel
Tali karmantel atau keernmantle ini adalah hal mutlak dalam rappelling sebagai alat untuk turun menggunakan tali. Biasanya digunakan tali kernmantle dinamis karena lebih fleksibel. Tetapi dalam situasi SAR digunakan tipe statis karena lebih besar kapasitas bebannya. Biasanya digunakan kernmantle diameter 9-11 mm.

2. Harness
Harness ini adalah alat tumpuan pada badan untuk menuruni tali. Alat ini berupa alat yang dilekatkan pada pinggang menyerupai posisi celana sehingga dapat bergantung ditali dengan aman. Harness ini sudah tersedia dalam produk siap pakai dari pabrikan khusus alat outdoor, namun pada situasi darurat, dapat dibuat dengan menggunakan tali webbing.

3. Figure of eight
Alat ini bentuknya seperti angka delapan terbuat dari campuran bahan baja dan aluminium sehingga kuat dan ringan. Gunanya untuk membuat jalur lintas pada tali sehingga kita dapat menuruni tali dengan lancar.

4. Carabiner
Carabiner ini gunanya sebagai alat pengait (anchor) multifungsi. Gunanya untuk menyambungkan antara tali dengan harness serta figure of eight yang kita gunakan. Dapat juga sebagai pengait (anchor) tambahan pada pengikatan tumpuan kernmantle.

 

Koropak.co.id - Rappelling, Hobi Adrenalin Menyenangkan (2)

 

Baca : Mapala STT Garut Terjatuh ke Gua Batu Badak

 

5. Webbing
Webbing ini adalah tali nilon rajutan berbentuk pipih yang punya banyak fungsi. Selain bisa sebagai bahan pembuat harness bisa juga sebagai tambatan/anchor buatan untuk pengait tali utama bila kondisi lapangan tidak memiliki area tambatan yang banyak atau memadai.

6. Prusik
Prusik adalah tali kernmantle dengan diameter dibawah 9 mm. Biasanya berguna pada saat melaksanakan teknik ascending atau descending (naik dan turun tali). Pada SAR tali ini digunakan sebagai tambahan pengait pembawa barang di atas tali.

7. Sarung Tangan
Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari gesekan tali saat melaksanakan rappelling

Rappeling merupakan kegiatan yang sangat memacu adrenalin karena bermain dengan ketinggian, sehingga baik untuk melatih kesehatan jantung. Bagi penggiat aktivitas outdoor, teknik Rappelling wajib dikuasai demi kenyamanan beraktivitas di alam.

Namun, meskipun menyenangkan, tetaplah harus memperhatikan prosedur-prosedur keselamatan, karena dalam Rappelling, hal terkecil pun semisal tingkat perawatan tali, turut menentukan keselamatan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.*

 

Baca : Fakta di Balik Mahasiswa Terjatuh di Gua Batu Badak

 

 

Berita Terkait