Trending
Bantuan Culamega Dinyatakan Tuntas

Bantuan Culamega Dinyatakan Tuntas

Kamis, 22 November 2018 14:17 Eris Kuswara Komunitas



Koropak.co.id - Bencana alam banjir bandang dan longsor yang menimpa selatan Kabupaten Tasikmalaya, telah menyebabkan 4 kecamatan terdampak bencana. Ratusan rumah terendam dan beberapa rumah lainnya tertimbun longor. Bencana alam juga menelan 6 korban meninggal dunia.

Hikmah di balik bencana, bantuan dan doa dari seluruh elemen masyarakat terus mengalir untuk para korban. Termasuk dengan bantuan logistik yang tiada henti disumbangkan para donatur. Demikian halnya bantuan tenaga dari para relawan yang tanpa henti dan letih berjuang merehabilitasi keporak-porandaan lokasi bencana, khususnya membuka akses jalan yang menghubungkan antar desa, yang sebagian besar tertutup material longsoran.

Bantuan relawan salah satunya datang dari kelompok relawan Komunitas Pendaki Gunung Balad Soekarno (KPGBS) yang turun langsung ke salah satu lokasi terdampak bencana, yakni di Desa Cintabodas Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya, sejak Sabtu (10/11/2018) hingga Rabu (21/11/2018).

Kepada Koropak, Kamis (22/11/2018) relawan KPGBS, Bambang Setiawan mengatakan, kegiatan utama yang dilakukan relawan KPGBS adalah pembenahan jalan yang tertimbun longsoran tanah dengan fokus ke empat akses jalan yang tertutup, yakni Jalan Babakan Situ, Jalan Curug Telu yang menghubungkan ke Dusun Wangun, Dusun Bojong, dan Dusun Cimasri. Kemudian Jalan Kertaharja yang menghubungkan jalan ke Dusun Sindangsari dan Jajaway, serta Jalan Pancatengah yang menghubungkan ke Dusun Bihbul dan Cikuya.

 

Koropak.co.id - Kegiatan Bantuan Culamega Dinyatakan Selesai 2

 

Baca : Dies Natalies KPGBS Indonesia Sarat Makna


"Terdapat beberapa kendala dalam melakukan pembenahan, yakni sulitnya akses komunikasi yang menyebabkan terhambatnya bantuan logistik, serta akses jalan yang masih dalam tahap perbaikan. Meski masih dalam suasana prihatin, para korban harus bangkit, kehidupan akan terus berjalan. Oleh sebab itu, keberadaan kami di sini akan selalu membantu sekuat tenaga agar bisa meringankan para korban," kata Bambang.

Ditambahkan Bambang, permasalahan yang terjadi di masyarakat, meskipun belum sepenuhnya kembali baik, namun sedikit demi sedikit sudah bisa teratasi.

"Kami berharap rumah-rumah korban dan berbagai fasilitas umum yang terkena dampak bencana tersebut sudah dapat segera diperbaiki. Sehingga kegiatan masyarakat bisa kembali pulih seperti sedia kala," ucapnya.*

 

Baca pula : Abah Bongkeng Berbagi Wawasan

 

Berita Terkait

Abah Bongkeng Berbagi Wawasan

Abah Bongkeng Berbagi Wawasan

Komunitas Pendaki Gunung Balad Soekarno (KPGBS) Indonesia menggelar acara silaturahmi…

19 November 2018 16:33:33