Trending
Tips Merawat Wajah Saat Mendaki Gunung

Tips Merawat Wajah Saat Mendaki Gunung

Selasa, 06 November 2018 08:32 Dede Hadiyana TravelTips


Koropak.co.id - Kegiatan mendaki gunung memang bukan hanya kegiatan yang digemari kaum pria. Sekarang ini, semakin banyak kaum wanita yang mencintai dunia pendakian. Bagi para kaum hawa yang hobi berpetualang, tentu kondisi wajah dan tubuh tetap menjadi perhatian pada saat mendaki.

Lantas, bagaimana caranya agar kulit wajah tetap terawat selama melakukan pendakian? Berikut beberapa tips yang dapat dicoba para kaum hawa penakluk gunung.

1. Gunakan Sunblock
Walaupun udara di gunung sangat dingin, sinar matahari ketika berada di puncak gunung dapat terasa lebih terik. Apalagi udara yang kering dan perubahan suhu yang terjadi dapat membuat kulit wajah terkelupas bahkan menghitam. Oleh sebab itu, gunakan Sunblock dengan kadar SPF yang sedang. Tujuannya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung serta udara ekstrim.

 

 Koropak.co.id -  Tips Merawat Wajah saat Mendaki Gunung 2

 


2. Membasuh Wajah dengan Air Hangat
Ketika berada pada titik istirahat atau berkemah, sempatkan membasuh wajah dengan menggunakan air hangat. Selain agar lebih bersih, air hangat juga bereaksi lebih lembut terhadap wajah dibandingkan dengan air gunung yang bersuhu dingin. Selanjutnya, keringkan wajah menggunakan handuk kecil khusus wajah. Jika sering menggunakan krim malam untuk mencerahkan wajah, kalian dapat mengaplikasikannya sebelum tidur.

 

3. Tisu Basah Khusus Wajah
Cara yang lebih praktis membersihkan wajah saat mendaki adalah dengan menggunakan tisu basah khusus wajah. Pilihlah tisu basah yang berserat lembut agar tidak membuat kulit iritasi. Namun jangan lupa membawa lagi sampah, khususnya tisu basah bekas pakai, jangan dibuang sembarang yang malah akan mengotori gunung.

 

Koropak.co.id -  Tips Merawat Wajah saat Mendaki Gunung 3

 

Baca : Edukasi Anak Tentang Alam dan Lingkungan

4. Gunakan Buff
Walaupun sudah menggunakan Sunblock, masker atau Buff juga dapat digunakan sebagai perlindungan tambahan. Gunakan masker sampai bagian batang hidung untuk melindungi sebagian besar area wajah. Tips yang dapat mencerahkan wajah ini bisa dilakukan saat mendaki dalam cuaca panas ataupun dingin. Sementara pada bagian mata dan sekitarnya, kalian dapat memanfaatkan kacamata hitam, khsusunya bertipe Polarized yang dapat menyaring cahaya matahari agar area mata lebih terlindungi.

 

5. Hindari Keseringan Menyentuh Wajah
Pada saat mendaki, kalian tentu menyentuh banyak hal di sepanjang jalur pendakian yang dilalui, baik itu ranting, tanah, atau bebatuan. Sebaiknya, tangan tidak terlalu sering menyentuh wajah. Usahakan selalu mencuci tangan atau menyekanya dengan tisu basah sebelum menyentuh wajah agar kotoran tidak menempel di wajah.

Dengan sedikit disiplin serta menjalani perawatan secara sederhana, kulit wajah kalian akan tetap sehat dan segar walaupun memiliki hobi mendaki gunung.*

 

Baca Pula : Cara Prediksi Cuaca Dari Tanda-tanda Alam

 

Berita Terkait