Trending
Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya Segera Digelar

Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya Segera Digelar

Minggu, 25 November 2018 19:05 Eris Kuswara Mice


 

Koropak.co.id - Tinggal menghitung hari, Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya yang digelar oleh Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) akan segera dilangsungkan. Bertempat di Gedung Kesenian, Dadaha Kota Tasikmalaya, festival tersebut akan dilangsungkan selama 8 hari berturut-turut mulai dari 27 November hingga 4 Desember 2018 mendatang.

Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT), Bode Riswandi mengatakan Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya akan menghadirkan para eksibitor, seniman dan pakar budaya dari Malaysia dan Singapura. Festival ini juga menjadi pijakan awal bagi peta kesenian dan kebudayaan di Kota Tasikmalaya.

"Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya ini akan diisi oleh beberapa agenda penting, mulai dari anugerah penghargaan bagi sesepuh insan seni di Kota Tasikmalaya, Aten Wawan Ruswandi (Atenwarus). Beliau merupakan seniman yang bergerak di dunia pertunjukan dan sudah malang melintang serta berhasil melahirkan beberapa generasi dramawan dan teaterawan," kata Bode Riswandi kepada Koropak, Minggu (25/11/2018).

 

Koropak.co.id - Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya Segera Digelar 2

 

 

Ditambahkan Bode, Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya juga akan diisi beberapa pertunjukan persembahan kelompok-kelompok teater di Tanah Air, di antaranya Teater Dongkrak dan Ngaos Art asal Tasikmalaya, Teater Api Indonesia dan STKW Surabaya, Teater ISI Padang Panjang dari Sumatera, Teater IKJ dan Teater Mandiri dari Jakarta, serta Aktor Piktorial dan Teater Payung Hitam dari Bandung.

"Tidak ketinggalan, akan adapula persembahan monolog dari salah satu artis kenamaan Indonesia pada zamannya yakni Jais Darga. Di akhir kegiatan, kami juga akan memberikan orasi budaya tentang tontonan festival teater Tasikmalaya serta mendengarkan bagaimana Kota Tasikmalaya di mata Putu Wijaya," ucapnya.

 

 Baca : Menerabas Kemustahilan Perhelatan Budaya Skala Nasional

 

Koropak.co.id - Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya Segera Digelar 3


Selain itu, kata Bode, pada 29 dan 30 November 2018 mendatang, DKKT juga akan menggelar workshop teater gratis bagi siapapun kelompok teater baik independen maupun dari institusi didalam pendidikan baik di Kota Tasikmalaya maupun di luar daerah. Workshop tersebut akan diisi oleh aktor sekaligus sutradara kenamaan dari Bandung yakni Irwan Jamal dan Muhammad Wail.

"Di samping itu, kami juga akan mengadakan Sarasehan Budaya dengan bahasan tentang karya-karya Putu Wijaya bersama pengamat teater, Professor Jakob Sumardjo dan pakar kesenian Halim HD. Ditambah lagi, akan dipentaskan pula karya-karya Putu Wijaya yang diakhiri dengan pidato kebudayaan oleh sang maestro," ujarnya.

Bode juga menuturkan, bagi yang ingin menyaksikan pertunjukan secara langsung, panitia menjual tiket seharga Rp 10.000 saja. Pada malam puncaknya, 4 Desember 2018, harga tiket naik menjadi Rp 20.000. Bode mengimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama membangun komitmen, guna mengangkat Kota Tasikmalaya melalui pintu seni dan budaya.*

 

Baca : Catatkan Sejarah Pertunjukan di Tasikmalaya

 

 

Berita Terkait