Trending
Teater Payung Hitam Berikan Workshop Olah Tubuh

Teater Payung Hitam Berikan Workshop Olah Tubuh

Kamis, 29 November 2018 20:12 Eris Kuswara Mice



Koropak.co.id - Sebelum menggelar pementasan atau pun pertunjukan, para aktor dari setiap kelompok kesenian melakukan persiapan-persiapan agar mereka bisa memberikan penampilan yang terbaiknya.

Demikian halnya yang dilakukan Teater Payung Hitam yang memberikan materi dalam workshop yang digelar di Halaman Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Kamis (29/11/2018).

Pemateri Workshop dari Teater Payung Hitam, Bazier menuturkan kegiatan workshop ini memaparkan kegunaan olah tubuh melalui metode yang biasa dipakai pada Teater Payung Hitam. Di Teater Payung Hitam sendiri terdapat 3 metode yang digunakan, yaitu mengenal tubuh sendiri, mengenal tubuh orang lain, dan mengenal tubuh lingkungan atau tubuh ruang.

"Dalam sebuah teater, proses olah tubuh merupakan dasar yang harus dilakukan. Oleh karena itu, semua aktor yang akan bermain teater, baik dari teater realisme atau teater konvensional dan non konvensional, maupun teater tubuh harus memiliki dasar olah tubuh, karena olah tubuh itu juga merupakan sebuah senjata yang harus dimiliki oleh setiap aktor," katanya.

 

Koropak.co.id - Teater Payung Hitam Berikan Workshop Olah Tubuh  (2)

 

Baca : Penggiat Teater di Daerah Lebih Punya Semangat

Sementara itu, yang diperkenalkan Teater Payung Hitam kepada para peserta adalah tentang bagaimana mereka bisa mengelola manajemen tubuhnya sendiri melalui pengenalan, mulai dari kekuatan, manajemen tubuh, manajemen fisik, kesadaran terhadap ruang, dan kesadaran terhadap lawan main.

Bazier berharap dunia teater Indonesia, khususnya Kota Tasikmalaya bisa lebih bergairah lagi. Bagi para pelaku teater, diharap jangan sampai meninggalkan pengolahan tubuh ini, karena olah tubuh merupakan modal dasar dari seorang aktor.*

 

Baca : Pendiri Teater Gawe Raih Anugrah Budaya

 

Berita Terkait