Trending
Teater, Cara Memaksimalkan Karunia Tuhan

Teater, Cara Memaksimalkan Karunia Tuhan

Senin, 03 Desember 2018 16:04 Clara Aditia Mice


 

Koropak.co.id - Seniman asal Tasikmalaya, Godi Suwarna menuturkan teater menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan karunia Tuhan, yakni tubuh dan segenap unsur di dalamnya. Bentuk aktualisasinya dengan melatih olah tubuh, olah nafas, dan olah sukma.

Demikian disampaikan Godi saat dijumpai Koropak selepas pementasan Kelompok Teater Institut Kesenian Jakarta dalam Anugerah Budaya dan Festival Putu Wijaya yang digelar Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya, Minggu (2/12/2018).

"Kita dianugerahi karunia tubuh beserta ruh dengan segala unsur di dalamnya. Melalui teater inilah kita bisa menggali, mengolah, dan memaksimalkannya sehingga menghasilkan sebuah karya yang bercita seni," kata Godi.

Dijelaskan Godi, teater juga merupakan pusatnya berbagai cabang seni, karena dalam sebuah teater berpadu antara unsur visual, musik, seni rupa, tari, khususnya seni peran.

 

Koropak.co.id - Teater, Cara Memaksimalkan Karunia Tuhan 2

 

Baca : Sebalut Pilu Indonesia Dalam Pentas Ngaos Art

"Dikarenakan dalam teater kita melatih tubuh dan unsur di dalamnya semaksimal mungkin, maka dengan teater bisa mengatasi berbagai persoalan intrapersona diri, misalnya kegugupan, ketidakpercayaan diri tampil di muka umum, jelas dalam teater melatih semua itu," tutur Godi.

Ditambahkan Godi, meskipun teater masih belum bisa turut andil memberikan kontribusi dalam bentuk rupiah, namun ada hal positif dari teater yang bisa diambil, salah satunya skil dalam akting yang bisa disalurkan menjadi seorang aktor dalam film, sinetron, atau bahkan konsisten dalam pementasan-pementasan teater.

"Mas Putu Wijaya sering bilang kelemahan dalam teater adalah selalu kekurangan dana. Memang seperti demikian faktanya. Namun, di balik kelemahan itulah harus menjadi kekuatan. Segala kekurangan yang ada kita tutupi dengan ide dan gagasan kreatif, memanfaatkan yang ada di sekitar. Misalnya pementasan dengan properti dari barang-barang limbah," ucapnya.*

 

Baca : Sang Maestro Menginspirasi Banyak Seniman

Berita Terkait