Trending
Tujuh Hewan yang Peka Terhadap Cuaca

Tujuh Hewan yang Peka Terhadap Cuaca

Selasa, 11 Desember 2018 07:33 Dede Hadiyana TravelTips


 

Koropak.co.id - Sejak zaman dahulu, merebak kepercayaan bahwa binatang dianggap peka dan dapat mengetahui tanda-tanda alam yang ada di sekitarnya. Tidak sedikit yang percaya juga dengan mengamati perilaku hewan, dapat mengetahui kemungkinan terjadinya suatu musibah atau bencana alam.

Bicara hal tersebut, berikut Koropak telah merangkum tujuh hewan yang dapat meramalkan tanda-tanda perubahan cuaca di sekitar kita.

1. Katak
Hewan yang masuk ke dalam golongan amfibi ini akan memberikan tanda dengan berkoak lebih keras dan nyaring dari pada biasanya ketika akan terjadi cuaca buruk. Suara katak tersebut dapat dijadikan pertanda atau alarm alami bahwa akan terjadi hujan badai di wilayah tersebut.

2. Burung
Burung merupakan hewan yang menghabiskan aktivitasnya di udara, dan tentunya dapat memperkirakan cuaca sekitar dengan acara mengamati hewan tersebut ketika terbang. Jika para burung terbang di ketinggian, maka diperkirakan cuaca akan cerah. Namun, apabila sebaliknya para burung terbang rendah, maka cuaca sedang tidak bersahabat. Hal tersebut disebabkan tekanan udara saat cuaca buruk akan membuat mereka sakit jika berada di ketinggian.

 

Baca : Cara Prediksi Cuaca dari Tanda-tanda Alam


3. Sapi
Menurut sebuah cerita, apabila para sapi merasakan akan terjadi cuaca buruk, maka mereka akan terlihat gelisah dan duduk di padang rumput yang kering untuk menyelamatkan diri saat cuaca buruk terjadi. Tidak sedikit yang percaya cerita tersebut pada hewan yang peka terhadap lingkungan ini serta yang terkenal dengan produksi susu dan dagingnya.

4. Kupu-kupu dan Lebah
Pada saat cuaca sedang cerah, kawanan kupu-kupu dan lebah ini akan beraktivitas di sekitaran bunga seperti biasanya. Tapi, apabila kawanan hewan ini tidak terlihat aktivitasnya, dapat diperkirakan bahwa cuaca sedang tidak baik dan akan terjadi angin kencang.

5. Domba
Terdapat sepenggal bait dari sebuah sajak yang cukup populer yakni ketika domba-domba berkumpul dalam sebuah kerumunan, besok pasti akan ada genangan air. Meskipun cuaca yang akan datang tidak selalu yang diungkapkan pada sajak tersebut, jika domba berkumpul bersama dan terlihat saling melindungi satu sama lain dapat diperkirakan akan terjadi angin badai.

 

 

Koropak.co.id - Tujuh Hewan yang Peka Terhadap Cuaca (2)

 

Baca : Tips Memilih Makanan di Hutan


6. Kepik
Serangga mungil cantik ini merupakan salah satu hewan yang peka terhadap lingkungannya. Pada umumnya, hewan ini akan berkumpul dan berkerumun jika cuaca sedang panas atau cerah. Akan tetapi, jika mereka terlihat sedang mencari tempat berlindung maka dapat diartikan cuaca dingin akan segera datang.

7. Semut
Semut merupakan hewan yang mempunyai insting yang sangat baik terhadap lingkungan. Jika semut membuat sarang lebih tinggi atau besar dari pada biasanya, hal tersebut pertanda akan datang cuaca buruk. Untuk mempersiapkan diri mengahadapi datangnya cuaca buruk itu, pasukan semut akan membangun sarangnya dengan perlindungan ekstra.

 

Baca Pula : Cara Tahan Suhu Dingin