Trending
Menikmati Keindahan Alam dan Menjaganya

Menikmati Keindahan Alam dan Menjaganya

Minggu, 16 Desember 2018 16:07 Eris Kuswara TravelTips


 
Koropak.co.id - Tidak seperti halnya negara-negara maju yang banyak mengandalkan bangunan buatan manusia dalam menarik minat wisatawan, Indonesia dianugerahi alam yang elok tiada terkira, yang dijadikan sebagai daya tarik wisata. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang ingin menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

_______________________________________

Namun sayangnya, tidak semua orang
memiliki rasa peduli yang cukup
untuk menjaga keindahan Nusantara.
Jika kita tidak bisa memulai
dengan sesuatu yang masif,
cobalah untuk memulai dari
hal-hal yang paling minor
seperti tidak meninggalkan sampah
apapun di tempat kita berwisata.

_______________________________________

 

Jika kamu ingin tetap menikmati keindahan alam Indonesia dan tidak ingin merusaknya, maka kamu harus menerapkan 3 motto penting berikut yang telah Koropak rangkum.

Ketiga moto tersebut, yakni jangan meninggalkan apapun kecuali langkah kaki, jangan mengambil apapun kecuali foto atau gambar dan jangan membunuh apapun kecuali waktu. Dengan menerapkan motto tersebut, maka kamu telah menjadi orang yang benar-benar peduli terhadap lingkungan.


1. Jangan meninggalkan apapun kecuali langkah kaki
Pada saat kita pergi ke alam dengan tujuan menikmati keindahannya, pastinya kita juga akan membawa berbagai perbekalan yang berpotensi akan menimbulkan sampah. Bahkan terkadang kita juga sering terlena dan lupa untuk menjaga alam dengan meninggalkan sampah di sana. Oleh karena itu, guna mencegah alam tercemar, bawalah semua sampah kembali, dan buang ke tempat yang telah disediakan.

 

Koropak.co.id - Cara Menikmati Keindahan Alam dengan Menjaganya (2)

 

Baca : Tujuh Hewan yang Peka Terhadap Cuaca

 

2. Jangan mengambil apapun kecuali foto atau gambar
Perlu diketahui, sudah menjadi semacam kode etik bahwa kita tidak diperbolehkan mengambil apapun saat menikmati keindahan alam kecuali gambar. Karena sebenarnya tidak ada yang namanya oleh-oleh dari alam, apalagi semisal memetik bunga edelweiss di pegunungan yang saat ini sangat dilindungi. Ambilah oleh-oleh gambar, yang mengabadikan perjalananmu. Jika pun kamu ingin menyampaikan pesan kepada orang-orang yang disayangi, usahakanlah tidak mencoret-coret caranya kamu bisa membuat tulisan di kertas lalu difoto maka dengan demikian alam pun akan tetap terjaga dengan baik.


3. Jangan membunuh apapun kecuali waktu
Hampir semua gunung ataupun keindahan alam lainnya berada dalam perlindungan kawasan taman nasional yang merupakan tanah yang dilindungi oleh pemerintah. Tujuannya untuk menjaga kelestarian alam dan habitat di dalamnya. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk merusak habitat, dan membunuh satwa-satwa di dalamnya, kita hanya diperbolehkan membunuh sang waktu.*


Baca pula : Resiko dan Bahaya Pendakian di Musim Hujan