Trending
Penonton Terpukau Nikmati Silaturahmi Kesenian

Penonton Terpukau Nikmati Silaturahmi Kesenian

Sabtu, 29 Desember 2018 16:01 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co.id - Komunitas Cermin Tasikmalaya sukses menyuguhkan beragam pertunjukan dalam pagelaran Silaturahmi Kesenian yang dihelat di Sekretariat Komunitas Cermin Tasikmalaya, Jumat (28/12/2018) malam. Antusias penonton pun sangat tinggi, hal tersebut terlihat sepanjang jalannya pertunjukan.

Para penonton terpukau, melahap habis setiap seni yang ditampilkan, mulai dari penampilan musik persembahan Nokturno Deden Fals, Iman Sukabumi Majalengka, dan KPJ Tasikmalaya. Sedangkan pertunjukan teater menampilkan drama "Belajar Tertawa" persembahan Kantor Teater Jakarta.

Ketua Komunitas Cermin Tasikmalaya Ashmansyah Timutiah yang akrab disapa Acong menyampaikan apresiasi atas antusiasme penonton dalam pagelaran yang dipersembahkannya. Menurutnya, pagelaran tersebut dilaksanakan tanpa adanya bantuan anggaran dari pemerintah.

"Meski tanpa dukungan dana dari pemerintah, pertujukkan seperti ini haruslah dilakukan, untuk memberikan edukasi sekaligus hiburan yang menarik bagi masyarakat," katanya.

Pagelaran tersebut menjadi awal kegiatan Syukur Waktu 7 yang berpuncak pada malam pergantian tahun, yang akan dilaksanakan di jantung Kota Tasikmalaya pada Senin (31/12/2018).

"Tema yang kita usung adalah Syukur Waktu 7, yang bermakna bahwa setiap orang haruslah bersyukur atas segala sesuatu yang dicapai. Hal tersebut sangatlah penting, untuk memberikan tontonan hiburan dan mendekatkan seni kepada masyarakat," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Penonton Terpukau Nikmati Silaturahmi Kesenian 2

 

Baca : Kantor Teater Jakarta Tampil Kembali

Dijelaskan Acong, pertunjukkan tersebut tampil tanpa adanya set panggung, hanya mengandalkan ekspresi dan beraksi di tengah-tengah masyarakat.

"Kita tidak dilengkapi set panggung. Hanya mengandalkan ekspresi saja dan beraksi di tengah-tengah masyarakat yang datang," ujar Acong.

Acong pun mengharapkan, meskipun tidak didukung dengan anggaran pemerintah, para pekerja seni harus terus bersemangat untuk menampilkan suatu karya yang dapat dinikmati masyarakat, tanpa adanya batas jabatan atau kedudukan.

"Tentunya harapan saya selalu bersemangat menampilkan karyanya yang terbaik, dan menunjukkan bahwa pertunjukkan tidak hanya bisa dilakukan di sebuah hotel atau gedung, meskipun terkadang hanya masyarakat tertentu saja yang dapat menikmatinya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tasikmalaya Hadian mengaku sangat mengapresiasi pagelaran yang dipersembahkan Komunitas Cermin Tasikmalaya tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Saya sangat mengharapkan para pekerja seni di Kota Tasikmalaya agar lebih bergairah dalam mengekspersikan karya-karya seni budaya untuk menyongsong masa depan lebih baik," kata Hadian.*

 

Baca pula : Pementasan Teater Fermentasi Hujan Dalam Sepatu

 

 

Berita Terkait