Trending
Tutup Tahun, KCT Suguhkan Syukur Waktu 7

Tutup Tahun, KCT Suguhkan Syukur Waktu 7

Selasa, 01 Januari 2019 15:24 Dede Hadiyana Mice


 

Koropak.co.id - Menyambut malam pergantian tahun baru 2019, Komunitas Cermin Tasikmalaya (KCT) bersama para seniman yang ada di Tasikmalaya menggelar aksi teatrikal dan kesenian yang digelar di seputaran Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, Senin (31/12/2018) malam. Tampilnya para seniman tersebut, mengangkat tema kegelisahan memasuki tahun 2019 yang merupakan tahun politik.

Dijumpai Koropak selepas acara, Ketua Komunitas Cermin Tasikmalaya Ashmansyah Timutiah yang akrab disapa Acong menuturkan, dalam Syukur Waktu 7, disampaikan pesan bahwa tahun politik merupakan tahun "acakadut", tahun yang semrawut, tahun yang serba banyak persoalan yang masyarakat sendiri tidak memahami tentang persoalan tersebut.

"Di sini para seniman Tasikmalaya mengekspresikan hal tersebut melalui karya rupa, musik, teater, dan instalasi. Namun, pada dasarnya acara ini adalah syukur waktu, yang merupakan cara para seniman mensyukuri waktu," ujarnya.

 

Baca : Penonton Terpukau Nikmati Silaturahmi Kesenian


Dijelaskan Acong, acara tersebut turut dimeriahkan oleh orang-orang kesenian yang ada di Tasikmalaya seperti dari perupa, penyair, musisi, dan teater. Banyak yang ditampilkan dan diekspresikan oleh mereka seperti teater, puisi, musik, seni Lukis, instalasi seni, serta instalasi kursi.

Acong berharap, Syukur Waktu 7 senantiasa menjadi ruang silaturahmi bagi para seniman, sekaligus menjadi upaya untuk menjaga kerekatan kebersamaan masyarakat agar tidak terjadi pecah belah persatuan.

"Kerekatan ini semoga sampai ke tahun 2019. Dikarenakan ada pemilu serentak, masyarakat itu jangan sampai diombang ambingkan dengan persoalan-persoalan yang sebenarnya tidak dipahami. Untuk itu, masyarakat fokus saja pada pekerjaan masing-masing seperti petani ya bertani, guru ya mengajar, pedagang ya berdagang, jangan tergoyah oleh tahun politik," ucapnya.*

 

Baca : Kantor Teater Jakarta Tampil Kembali

 

Berita Terkait