Trending
Kiat Memilih Durian yang Baik

Kiat Memilih Durian yang Baik

Sabtu, 26 Januari 2019 20:43 Erni Nur'aeni belanja



Koropak.co.id - Musim durian mungkin menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi mereka yang suka dengan buah berduri dan memiliki aroma yang khas ini. Namun terkadang banyak pedagang yang menjual secara tidak jujur. Untuk mengurangi ketertipuan pembeli, ada beberapa tips dalam memilih saat membeli durian.

Dijumpai Koropak dalam acara Pesta Aneka Durian Terbesar Kualitas Nasional se-Priangan Timur Indonesia vs Malaysia, Sabtu (27/1/2019), Ketua Tani Durian Banyumas Sudarno mengatakan durian matang ada beberapa ciri khas pembeda dengan yang mentah.

"Cirinya, bentuk duriannya harus bagus. Tidak ada cacat di luarnya. Kemudian, bau durian yang keluar yang khas seperti gas meskipun beberapa durian tidak mengeluarkan bau namun bagus isinya. Selanjutnya, jangan melihat warnanya karena kualitas durian tidak ditentukan oleh warna," katanya.

Biasanya, kata Sudarno, penjual durian akan memukul-mukul dengan pisau agar menghasilkan bunyi tanda durian tersebut matang atau tidak. "Memukul-mukul buahnya itu salah satu tandanya durian itu matang atau tidak, karena durian yang matang akan berbunyi seperti ruangan kosong, " kata Sudarno.

 

 

Koropak.co.id - Kian Memilih Durian yang Baik (1)

 

Baca : Viral, Durian Rp 14 Juta Hadir di Plaza Asia

Selanjutnya, lihat bagian atasnya. Jika hendak membeli durian, cek bagian tangkai atas durian. Bila tangkai tidak bergetah atau sudah kering maka durian sudah lama diambil dari pohon. Sebaiknya carilah durian yang masih bergetah dibagian atasnya yang pertanda baru diambil dari pohon.

"Saat membeli durian, banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya," kata Sudarno.

Mungkin juga mendapatkan durian berwarna kuning jika membeli buah yang kulitnya sudah terbuka, tetapi percayalah rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat. Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.*

 

Baca : Heboh, dalam Hitungan Jam 500 Durian Ludes Terjual

 

Berita Terkait