Trending
Kiat Liburan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Kiat Liburan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Minggu, 27 Januari 2019 10:46 Dede Hadiyana TravelTips


  

Koropak.co.id - Berlibur bersama bayi merupakan hal yang sangat menyenangkan, namun juga melelahkan bagi Bunda karena harus menggendong atau mendorong kereta bayi saat bepergian, barang-barang bawaan khususnya perlengkapan dan persediaan makanan bayi menjadikan tambahan beban.

Bayi yang berusia 6 sampai 12 bulan adalah masa-masa paling sulit jika ingin bepergian. Pada fase tersebut, bayi sudah memasuki usia Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Namun, untuk bayi berusia 0 hingga dibawah 6 bulan, bawaan akan lebih irit karena bayi hanya mengonsumsi Asir Susu ibu (ASI), sedangkan bayi yang berusia diatas 1 tahun sudah mulai mandiri dan barang bawaanpun tidak terlalu banyak.

Berikut Koropak telah menyiapkan beberapa tips yang harus diperhatikan Bunda jika hendak berlibur bersama si mungil.

1. Perencaan kegiatan berlibur
Perencaan kegiatan selama berada dilokasi berlibur sangatlah penting. Perlu diingat, bahwa dengan membawa bayi maka tujuan dan aktivitas yang dapat dilakukan nantinya akan terbatas. Baiknya aktivitas kegiatan berlibur tidak terlalu padat karena akan sangat melelahkan si mungil.

 

Baca : Mengisi Liburan Bersama Si Kecil

 

2. Menyesuaikan dengan jadwal bayi
Dalam setiap aktivitas kegiatan yang dilakukan saat berlibur wajib untuk selalu menyesuaikan dengan jadwal makan dan tidur si buah hati. Hal tersebut tentunya untuk mencegah bayi rewel akibat mengantuk, haus, dan lelah. Pilihlah lokasi liburan yang aman, ramah, dan santai bagi bayi.

 

Koropak.co.id - Kiat Liburan Menyenangkan Bersama Si Kecil (2)

 

3. Peralatan lengkap bayi
Apabila semua persiapan barang bawaan bayi telah siap, lengkap, dan matang, pasti liburan akan berjalan sesuai rencana. Peralatan dan perlengkapan bayi mulai dari baju, makanan, obat, mainan, serta barang penting lainnya yang menjadikan si kecil gembira selama perjalanan seperti mainan kesukaannya.

 

Baca : Kiat Merencanakan Liburan Menyenangkan

 

4. Tujuan dan kondisi lokasi
Sebelum berlibur ke tempat yang ditentukan apalagi dengan tujuan ke luar negeri, pastikan dulu bahwa cuaca sedang bersahabat. Baiknya hindari membawa bayi ke tempat yang cuacanya tidak stabil. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan jadi terhalangan karena cuaca, apalagi sampai mengakibatkan bayi jatuh sakit akibat cuaca.

 

5. Jam perjalanan yang pas
Seperti pada poin ke dua, menyesuaikan dengan jadwal tidur bayi. Jika tidak ingin dengan tingkah rewel si kecil, maka pilihlan perjalanan yang sesuai dengan jadwal tidurnya agar selama perjalanan dapat tertidur nyenyak. Bagi bayi yang berusia di bawah satu tahun apalagi hendak bepergian dengan menggunakan pesawat untuk pertamakalinya, jangan lupa bawa Ear Muff atau penutup telinga khusus. Ini sangat penting untuk melindungi telinga bayi dari tekanan udara dan bisingnya suara mesin di kabin pesawat dan dapat membuatnya lebih tenang dan nyaman.*


Baca pula : 10 Spot Keren yang Buat Anda Serasa Liburan ke Luar Negeri