Trending
Hayu Maca, Mieling Poe Basa Indung Sadunya

Hayu Maca, Mieling Poe Basa Indung Sadunya

Senin, 28 Januari 2019 21:39 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Bertepatan dengan Hari Bahasa Ibu Sedunia, Halaman Seni Cibirubeet yang merupakan komunitas pegiat budaya Sunda akan menggelar Mieling Poe Basa Indung Sadunya 2019 yang akan diselenggarakan di Kampung Cibirubeet Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, pada 20-21 Februari 2019 mendatang.

Mengangkat tema Hayu Maca, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah masyarakat agar bersama-sama berkomitmen untuk melestarikan bahasa Sunda yang saat ini semakin tergerus dengan kondisi yang kian mengkhawatirkan.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (28/1/2019), Pupuhu Kegiatan Rizal Yeaz mengatakan kegiatan "Hayu Maca" bukan sebatas membaca semata, namun memiliki makna yang sangat luas dengan menjadikan tiga headline, yakni Maca Diri, Maca Alam, dan Maca Nagari yang menjadi latar belakang dan merangkum secara keseluruhan pada seni dan budaya.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan dari apa yang kita lakukan sebelumnya. Di Halaman Seni sendiri, kegiatan ini menjadi amanah untuk menggali kembali seni yang sudah ada dan terlahir di sini, yang sekarang sudah tidak ada," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Hayu Maca, Mieling Poe Basa Indung Sadunya 2

 

Baca : Festival Kendan Gali Potensi Seni Budaya


Hayu Maca merupakan program unggulan di Halaman Seni yang diupayakan untuk dapat diselenggarakan di berbagai tempat di seluruh tanah Sunda. Kegiatan yang akan digelar ke-4 kalinya tersebut, mengajak warga tatar Sunda untuk bersama-sama menikmati dan merayakan peristiwa budaya.

"Kegiatan ini menjadi ajang berkumpulnya berbagai lapisan masyarakat mulai dari, seniman, budayawan, pelajar, pengajar, lembaga, dan pemerintah. Hal ini menjadi harapan kami terjadinya komunikasi yang akrab dan searah untuk membangun bangsa yang memiliki akar kebudayaan yang kuat," katanya.

Rizal pun berharap, digelarnya Hayu Maca di Cibirubeet, seiring dengan amanah dari pemilik tempat, bagaimana agar tempat ini dapat bermanfaat serta maslahat bagi masyarakat, serta ingin menjadikan Halaman Seni sebagai miniatur seni dan budaya serta ekonomi masyarakat yang ada di Jawa Barat.

"Dengan mengambil momentum Hari Bahasa Ibu Sedunia, diharapkan kegiatan ini menjadi motivasi, tambahan semangat, dan optimisme bagi setiap kalangan bahwa gerakan menegakkan budaya lokal, sehingga muncul kemungkinan pengembangan baik dalam hal produksi maupun pemasaran," ucapnya.*

 

Koropak.co.id - Hayu Maca, Mieling Poe Basa Indung Sadunya 3

 

 

Lihat : Festival Kendan Gali Potensi Seni Budaya

 

 

Berita Terkait