Trending
Inilah 14 Fakta Unik Seputar Valentine Days

Inilah 14 Fakta Unik Seputar Valentine Days

Rabu, 13 Februari 2019 08:48 Hazna Fairuz Tradisi



Koropak.co.id - Menjelang tanggal 14 Februari setiap tahunnya, toko-toko mulai memajang cokelat-cokelat cantik untuk menyambut hari Valentine. Dekorasi bertemakan cinta juga tidak ketinggalan menghiasi mall, cafe, hotel, dan tempat-tempat publik lainnya.

Layaknya hari-hari besar lain, penawaran khusus menyambut Valentine juga dijadikan sebagai ajang promosi. Misalnya saja, paket dinner Valentine, paket liburan Valentine, promo diskon belanja, dan promo-promo yang lainnya. Di balik semua itu, ternyata ada beberapa fakta menarik mengenai Valentine Days lho! Yuk simak ulasannya.

1. Tahukah kamu bahwa dewa cinta yang selama ini dikenal dengan nama Cupid, sebenarnya adalah Eros, dewa cinta dari Yunani dengan panah emas yang akan membangkitkan rasa cinta pada siapa saja yang dipanahnya.

2. Diperkirakan 224 juta mawar ditanam untuk menyambut Valentine’s Day, dan sebanyak 51 persen orang lebih memilih mawar merah.

3. Kotak cokelat terbesar di dunia adalah kotak Thornton's Moment, yang dibuat pada tahun 2008 dan memiliki berat 3.725 pounds (hampir 1.690 kg).

 

 

Koropak.co.id - Kisah Tragis Di Balik Valentine Days (1)

 

Baca : Tradisi Valentine Days Unik di Empat Negara

 

4. Jika warna merah selama ini dikenal sebagai warna yang bisa membuatmu lebih menarik, powerful, dan memiliki sex appeal, ternyata warna tersebut sebenarnya juga bisa mengurangi kemampuan seseorang untuk mengerjakan tes, bahkan bisa menyebabkan kegagalan dalam tes tersebut.

5. Ungkapan “wearing your heart on your sleeve” berasal dari ungkapan zaman dahulu ketika seorang ksatria mencoba memikat gadis dengan memenangkan pertandingan di atas kuda, sambil mengenakan saputangan gadis tersebut di lengannya.

6.   Asal mula Valentine’s Day sebenarnya adalah perayaan Lupercalia di jaman Romawi, yang dilakukan setiap tanggal 13 hingga 15 Februari. Dalam tradisi tersebut, para lelaki mengorbankan kambing dan anjing, kemudian menggunakan kulit binatang tersebut sebagai cambuk bagi istrinya agar mereka semakin subur.

7.   Kebiasaan tukar-menukar kartu ucapan Valentine sudah dimulai sejak abad pertengahan. Sebuah kartu ucapan hari Valentine tertua dikirim pada tahun 1400-an, dan saat ini disimpan di museum London Inggris. Kartu tersebut dikirim oleh Duke of Orleans kepada istrinya di Perancis. Duke saat itu dalam keadaan dipenjara di Menara London.

8. Di Kolombia, merayakan Hari Kasih Sayang pada bulan September. Dan di Brazil, mereka merayakan hari Valentine, pada tanggal 12 Juni.

9. Di tahun 2012, para pemilik hewan peliharaan rata-rata menghabiskan $4,52 untuk membeli hadiah Valentine bagi hewan peliharaannya tersebut.

 

Koropak.co.id - Inilah 14 Fakta Unik Seputar Valentine Days 2

 

Baca : Remaja Muslim Ciamis Tolak Valentine Days

 

10. Tanggal 14 Februari adalah hari libur kedua yang paling populer setelah Natal di Amerika.

11. Di Amerika Latin, hari Valentine bukan hanya untuk merayakan romantic love di antara dua orang kekasih, namun juga untuk merayakan universal love di antara sahabat.      

12. Sebanyak 15 persen wanita Amerika mengirimkan bunga kepada diri mereka sendiri pada hari Valentine. Sebuah perusahaan pengiriman bunga bahkan juga membuat identitas palsu pacar imajiner tersebut.

13. Perayaan hari Valentine dilarang di Arab Saudi. Beberapa pria pernah dipenjara karena merayakan hari kasih sayang tersebut.

14. Tanggal 15 Februari telah ditetapkan sebagai “Single Awareness Day” sejak tahun 2005, yang diperuntukkan bagi mereka yang masih jomblo.

Kamu pasti memiliki cara yang menarik untuk merayakan Valentine bukan? Bagaimana cara perayaan hari Valentine ala kamu? Happy Valentine Days.*

 

Baca : Valentine Days, Haram dan Merusak Akidah

 

Berita Terkait