Trending
Hindari Kepunahan, Tingkatkan Literasi Bahasa Sunda

Hindari Kepunahan, Tingkatkan Literasi Bahasa Sunda

Sabtu, 23 Februari 2019 14:13 Dede Hadiyana Tradisi



Koropak.co.id - Acara "Mieling Poe Basa Indung Sadunya" yang digelar di Halaman Seni Cibirubeet, Jalan Cibirubeet, Cileunyi Kabupaten Bandung mencapai puncaknya hari ini, Sabtu (23/2/2019).

Serangkaian kegiatan telah digelar sejak Kamis (20/2/2019), mulai dari Pasanggiri Maca Sajak, Pasanggiri Ngadongeng, dan Lomba Kaulinan Baheula. Sementara di acara puncak, akan digelar Sarasehan Basa, Simulasi Hayu Maca, serta Pameran dan Pagelaran Seni.

Banyak tokoh seni dan budaya Sunda yang hadir dan terlibat demi kesuksesan acara, meliputi Dodi Eka Pratama (Dodi Kiwari) Pengurus Teater Sunda Kiwari, Tedi Muhtadin M.Hum, Dosen Sastra Sunda Universitas Padjadjaran Bandung, Holisoh M.E, Sastrawan Sunda yang telah meraih penghargaan Rancage, Sastrawan Indonesia Godi Suwarna, serta Pengasuh Caraka Sundanologi Drs. H. Elin Syamsuri.

Dijumpai Koropak, Sabtu (23/2/2019), Pengasuh Halaman Seni Cibirubeet Manik Maya menuturkan kegiatan Hayu Maca merupakan salah satu program Halaman Seni Cibirubeet yang memiliki makna luas.

"Jika secara filosofi dasar Al-Quran, Hayu Maca merupakan iqro, membaca alam, membaca lingkungan, membaca buku, termasuk membaca Al-Qur'an. Namun di sini kami menitikberatkan pada gerakan membaca Bahasa Sunda, di mana Bahasa Sunda merupakan bahasa ibu bagi masyarakat Sunda," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Hindari Kepunahan, Tingkatkan Literasi Basa Sunda 2

 

Baca : Hayu Maca Mieling Poe Basa Indung Sadunya

 

Ditambahkan Manik, Halaman Seni Cibirubeet fokus dalam menggali Bahasa Sunda, terutama yang ada di lingkungan masyarakat setempat, yang masih original menggunakan Basa Sunda, dari anak sampai orang dewasa.

"Outputnya, kami ingin menjadikan tempat ini sebagai kampung budaya dengan basic Basa Sunda. Originalitas tempat terjaga, bahasa seni dan budayanya tetap terjaga, serta menjadi wadah kesenian buhun agar dapat dikembangkan lebih besar lagi," katanya.

Diharapkan pula, kegiatan Hayu Maca bisa menjadi kegiatan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, yang dituangkan melalui keterlibatan para generasi milenial dalam berkesenian Sunda.

"Insyaallah kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan, dengan rencana dan kegiatan yang lebih beragam lagi," ujar Manik.*

 

Baca : Harapkan Basa Sunda Lestari di Lemah Cai

Berita Terkait