Trending
Optimis Bahasa Sunda Tidak Akan Punah

Optimis Bahasa Sunda Tidak Akan Punah

Sabtu, 23 Februari 2019 15:32 Ahmad Mukhlis Tradisi


 

Koropak.co.id - Tokoh pendongeng Sunda, Ace Sumadinata (69) mengaku optimis bahasa Sunda sebagai bahasa ibu tidak akan punah. Selama masih ada orang Sunda, bahasa Sunda akan terpelihara, sebab para Penutur Sunda akan terus berkembang walaupun ada gempuran dari bahasa lain.

"Gairah anak muda untuk belajar bahasa Sunda semakin tinggi. Di beberapa daerah bahasa Sunda masih terpelihara dengan baik," ujar Ace kepada Koropak dalam acara Sarasehan dan Diskusi Basa Indung Hayu Maca, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Ace, aksara dan bahasa Sunda sudah memasyarakat. Dari pengalaman puluhan tahun menggeluti seni budaya Sunda dan mengajarkan kepada anak didik, Ace yakin Bahasa Sunda sejajar dengan bahasa lain.

"Anak didik saya terus berkembang untuk melestarikan Basa Sunda. Jadi ke depan regenerasi bahasa ibu akan terjaga. Tidak dapat dimungkiri, kosakata Sunda ada yang mulai jarang digunakan," kata Ace.

 

Koropak.co.id - Optimis Basa Sunda Tidak Akan Punah (1)

 

Baca : Regulasi Basa Sunda Seolah Tidak Berdaya

 

Selain bahasa, kata Ace, jenis kuliner buhun juga dilestarikan. Misalnya kacang rebus, pisang rebus dan semua rebusan yang asli tanpa bahan kimia. Sejak dulu pola makan orang Sunda sangat vegetarian.

"Basa Sunda tidak bisa pisah dari budaya kuliner. Jadi kita harus melestarikan kesundaan bersamaan dengan budayanya, " ujar Ace.

Sebagai ahli dongeng Sunda, kata Ace, bahasa adalah modal utama. Karena itu, regenerasi dunia dongeng juga harus berlanjut. Hanya lewat dongeng bahasa indung akan terwariskan.

"Dalam rangka Hari Bahasa Ibu Sedunia ini kesempatan kita menggali dan membangkitkan Basa Sunda sebagai basa indung,"Ujar Ace.*

 

Baca : Bahasa Sunda Bisa Punah Ditinggalkan Penuturnya

 

 

Berita Terkait