Trending
Women Days, Tonggak Sejarah Emansipasi Wanita

Women Days, Tonggak Sejarah Emansipasi Wanita

Kamis, 14 Maret 2019 18:05 Hazna Fairuz Tradisi



Koropak.co.id - Sebagian orang mungkin kurang akrab dengan Hari Perempuan, karena dalam kalender pun tidak tercantumkan sebagai hari libur internasional. Namun tahukah Anda, setiap tanggal 8 Maret, dunia merayakan Hari Perempuan Internasional?.

Perayaan ini adalah simbol perjuangan yang dilalui semua perempuan di seluruh dunia untuk memperoleh kesetaraan dan hak. Salah satu wanita Indonesia yang menginspirasi adalah Ibu Kartini.

Setiap negara mempunyai cara tersendiri untuk merayakan Hari Perempuan Internasional ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini enam negara di dunia merayakan Hari Perempuan Internasional.

1. Italia
Di Italia, Hari Perempuan Internasional disebut La Festa della Donna. Hari tersebut dirayakan dengan cara pemberian bunga mimosa kuning. Pada Hari Perempuan Internasional, karangan bunga yang bermekaran dijual hampir setiap sudut jalan di Italia.

Bunga mimosa kuning dianggap sebagai simbol kekuatan dan kepekaan wanita. Tema bunga Mimosa ini juga bervariasi, ada yang mengolahnya dalam bentuk kembang gula, hingga kue.

 

Baca : Sejarah Warna Merah di Hari Raya Imlek

 

2. Inggris
Di Inggris, Hari Perempuan Internasional merayakan dengan fokus pada peningkatan kesadaran akan masalah sosial dan politik yang mempengaruhi perempuan. Pada tahun ini digelar sejumlah workshop dan pertunjukan yang bertujuan untuk mengumpulkan dana amal khusus yang didedikasikan bagi hak-hak perempuan di Inggris.

Kegiatan ini didukung sederet label fashion mewah, termasuk Isabel Marant dan Victoria Beckham, yang bekerja sama dengan badan amal kemanusiaan, Women for Women International.

 

3. Spanyol
Pada 2018 lalu, lebih dari lima juta pekerja wanita menandai Hari Perempuan Internasional dengan pemogokan 24 jam untuk memprotes kesenjangan upah gender, kekerasan dalam rumah tangga, dan diskriminasi seksual di tempat kerja.

Pada tahun ini, Hari Perempuan Internasional ditandai dengan pemogokan kerja yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Protes ini diorganisir oleh organisasi feminis Komisi 8M diperkirakan akan berlangsung.

 

Baca : Lima Tradisi Unik Saat Nyepi

 

4. Rusia
Pada di minggu pertama bulan Maret, biasanya pria dari seluruh ibu kota Rusia berbondong-bondong membeli bunga untuk orang-orang yang dicintai sebagai tanda Hari Perempuan Internasional. Hari Wanita Rusia, yang sebenarnya lebih banyak menawarkan tulip dan mawar daripada hak-hak wanita.

 

5. Cina
Di Cina, 8 Maret telah menjadi hari libur nasional sejak 1949. Banyak perusahaan menawarkan setengah hari bagi karyawan wanita pada Hari Perempuan Internasional sehingga mereka dapat menghabiskan sore hari merayakannya.

Mirip dengan Hari Valentine, Women Days di Cina dipandang sebagai kesempatan untuk memperlakukan wanita yang dicintai dengan hadiah khusus. Oleh karena itu, perayaan Hari Perempuan Internasional itu juga menjadi kesempatan untuk mendapat keuntungan komersial karena para lelaki ingin menghabiskan uang untuk para wanita dalam kehidupan mereka.*

 

Baca : Tradisi Valentine Days Unik di Empat Negara

 

 

Berita Terkait