Trending
Silat dan Golok, Warisan Leluhur yang Mulai Punah

Silat dan Golok, Warisan Leluhur yang Mulai Punah

Minggu, 17 Maret 2019 22:38 Dede Hadiyana Tradisi


 

Koropak.co.id - Gelaran Camp Silat dan Golok 2019 yang diselenggarakan oleh Seni Golok Indonesia (SGI) di Padepokan Sekar Balebat, Cisarua Bogor, sejak Sabtu (15/3/2019) dan berakhir pada Minggu (16/3/2019), bertujuan untuk mengangkat kembali seni golok dari Pasundan.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional, Komjen Pol. Drs. Mochamad Iriawan, SH., MM., MH yang sekaligus Pembina Seni Golok Indonesia serta ratusan peserta dari berbagai perguruan di Jawa Barat, Betawi, dan Banten.

Ketua Panitia sekaligus Pendiri Perguruan Seni Silat Sekar Balebat Nany Halimah Mulder mengatakan, melalui Camp Silat dan Golok, diharapkan dapat mengangkat kembali budaya lokal agar tidak dilupakan.

"Karena sepengetahuan saya, golok itu lebih tua dari keris, jadi musti ada upaya untuk melestarikannya agar tidak punah ditelan zaman," katanya.

 

Koropak.co.id - Silat dan Golok, Warisan Leluhur yang Mulai Punah (2)

 

Lihat : Festival Kendan Gali Potensi Seni Budaya

 

Dikatakan Nany, pihaknya juga sangat bersyukur, karena tidak hanya dari perguruan silat saja yang hadir, tapi banyak juga dari para pecinta golok.

"Alhamdulillah, acara Camp Silat dan Golok 2019 baru kali pertama digelar di Indonesia. Di event ini, dari masing-masing perguruan menampilkan keahliannya. Kami juga memberikan edukasi tentang golok, khususnya untuk generasi penerus dengan harapan ada regenerasi pegiat seni golok," katanya.

Nany pun berharap, acara Camp Silat dan Golok bisa menjadi agenda tahunan. Pasalnya, Golok merupakan sebuah benda peninggalan dari leluhur yang harus dilestarikan dan harus diangkat, jangan sampai dilupakan.

"Semoga acara silaturahmi ini bisa terus berkesinambungan, demi lestarinya budaya seni silat dan golok yang menjadi salah satu budaya kita di Tatar Pasundan," ucapnya.*

 

Baca : SGI Upaya Melestarikan Seni Warisan Leluhur

 

Berita Terkait