Trending
Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur

Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur

Sabtu, 23 Maret 2019 17:05 Didit Fauzi Tradisi


 

Koropak.co.id - Radya Anom Keraton Sumedang Larang, Raden Luky Djohari Sumawilaga mengapresiasi dan menyampaikan selamat atas terselenggaranya acara "Mieling Ngadegna Galuh 1407" yang berlangsung di Pendopo Selagangga Ciamis, Sabtu (23/3/2019).

Kirab Budaya yang menjadi acara pembuka, dinilai Raden Luky, memberikan gambaran semangat kebersatuan para pemangku adat, dan budayawan untuk bersama melestarikan budaya dan histori warisan leluhur Kerajaan Galuh.

"Kami dari Keraton Sumedang Larang menyampaikan selamat atas terselenggaranya acara Mieling Ngadegna Galuh. Semoga ini menjadi semangat untuk bersama melestarikan budaya warisan leluhur. Terutama bagi Kerajaan Galuh, yang diharapkan historinya akan senantiasa lestari," katanya.

 

Koropak.co.id - Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur (2)

 

Ditambahkan Raden Luky, hadirnya para raja dari berbagai keraton se-Nusantara juga menjadi spirit silaturahmi budaya yang diharapkan senantiasa tumbuh terjaga dari waktu ke waktu.

"Kami berharap acara ini memberikan motivasi bagi para pemangku adat dan budayawan di Kabupaten Ciamis untuk senantiasa mengembangkan potensi-potensi budaya yang ada di Kabupaten Ciamis agar tambah maju dan jaya," ucapnya.

Melalui Mieling Ngadegna Galuh, ucap Raden Luky, juga menjadikan gambaran terciptanya silaturahmi dan kerukunan para raja dari kerajaan-kerajaan di Nusantara. "Acara ini menjadi momentum pengikat tali silaturahmi, yang dikemas dalam even budaya yang seharusnya senantiasa dijaga dan dilestarikan," kata Raden Luky.

 

 

Koropak.co.id - Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur (3)

 

Sebelumnya, kepada Koropak, Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin menyambut baik acara "Mieling Ngadegna Galuh". Menurutnya kegiatan tersebut menjadi refleksi pelestarian sejarah daerah yang tidak lekang oleh waktu. Terlebih, Kerajaan Galuh merupakan latar belakang histori berdirinya Kabupaten Ciamis.

"Kita tidak boleh melupakan sejarah. Ini adalah sejarah kita, sejarah Kabupaten Ciamis. Kami bersyukur Kerajaan Galuh senantiasa berdiri tegak. Kami bangga pada peringatan kali ini dapat berlangsung sangat meriah. Banyak tamu-tamu dari kerajaan Nusantara. Kami harapkan ke depan acara Mieling Ngadegna Galuh dapat lebih meriah lagi, dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang lebih banyak lagi," katanya.*

 

Baca : Mieling Ngadegna Galuh Spirit Melestarikan Sejarah

Berita Terkait