Trending
Bahu Membahu Jaga Kelestarian Kerajaan Galuh

Bahu Membahu Jaga Kelestarian Kerajaan Galuh

Sabtu, 23 Maret 2019 18:34 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Terselenggaranya acara "Mieling Ngadegna Galuh 1407" di Pendopo Selagangga, Sabtu (23/3/2019) turut diapresiasi Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Forum Silaturahmi Keraton Nusantara, Kanjeng Raden Ayu Intan Dewi Rumbinang.

"Selamat atas terselenggarannya acara 'Mieling Ngadegna Galuh'. Ini harus menjadi motivasi untuk senantiasa menjaga dan melestarikan budaya, khususnya yang ada di Kerajaan Galuh," katanya.

Intan berharap, masyarakat dan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Ciamis, ikut berkontribusi untuk tercapainya upaya melestarikan dan memajukan adat serta budaya di Ciamis, melalui Kerajaan Galuh.

"Memajukan budaya lokal, merupakan tanggungjawab bersama. Perlu ada kepedulian demi kelestarian budaya ini ke depan," katanya.

 

 Koropak.co.id - Bahu Membahu Jaga Kelestarian Kerajaan Galuh (2)

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana "Mieling Ngadegna Galuh 1407", Riki Andriawan Mardjadinata menuturkan spirit yang diusung dalam peringatan kali ini adalah spirit kebersamaan.

"Spirit yang kita usung, saat ini, di tengah tahun politik, meskipun terpecah karena beda pilihan, namun kebersatuan dapat tetap terjalin dengan budaya. Di acara kali ini, dapat kita lihat semangat yang begitu tinggi dari mereka yang peduli dengan budaya, menjadikan budaya sebagai sumber kekuatan untuk bersatu," katanya.

Seyogianya, ucap Riki, semangat budaya ini dapat dijadikan contoh bahwa budaya dapat menyatukan perbedaan, menguatkan kebersamaan di tengah keberagaman.

 

 Koropak.co.id - Bahu Membahu Jaga Kelestarian Kerajaan Galuh (3)

 

 

Baca : Mieling Ngadegna Galuh Spirit Melestarikan Sejarah

 

Ditambahkan Riki, "Mieling Ngadegna Galuh 1407" berpuncak pada kegiatan Sawala Budaya yang akan menghadirkan tokoh-tokoh budaya, mulai dari Budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi, Satrawan Nasional Godi Suwarna, Pandu Radea dari Tapak Karuhun Nusantara, Rektor Universitas Galuh yang juga Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis DR H Yat Rospia Brata, serta seniman Man Jasad. Tak ketinggalan seniman sekaligus Dosen Universitas Pasundan Bandung Budi Dalton.

"Kegiatan Sawala Budaya Galuh akan mengupas histori Galuh 'ti bihari ka kiwari'. Membahas perjalanan Kerajaan Galuh dari dahulu sampai sekarang yang menggambarkan spirit kebersamaan para putra Galuh yang senantiasa terjaga mesti telah berbeda-beda teritori," ucapnya.*

 

Baca : Trah Kerajaan Galuh Diharap Lestarikan Warisan Leluhur

 

Berita Terkait